10 Cara Supaya Tidur Tidak Mendengkur, Ternyata Mudah Dilakukan

Biasanya sering mendengar pasangan tidur mendengkur. Cobalah beberapa cara supaya tidur tidak mendengkur agar tidur lebih nyaman dan orang sekitar merasa tidak terganggu. Namun, biasanya mendengkur ini sulit untuk dihindari.

Ketika mendengkur atau disebut ngorok ini saat bernafas ketika tidur, udara mengalir melewati tenggorokan hal ini menyebabkan tenggorokan bergetar. Suara dengkuran ketika tidur kerap menjengkelkan orang sekelilingnya. Cobalah cara ini agar tidak terdengar dengkuran saat tidur.

1. Mengganti Posisi Tidur

Saat tidur mulai mendengkur maka bisa dengan mengubah posisi tidurnya dengan kepala terangkat hingga 10 centimeter. Hal ini dilakukan agar pernapasan juga lidah bisa mendorong rahang bawah bergerak maju.

Bisa juga dengan memakai bantal yang khusus untuk menopang agar tidur tidak mendengkur.

2. Cobalah Tidur Miring

Solusi lainnya saat mulai mendengkur maka mencoba untuk tidur miring. Caranya dengan memberikan ganjalan pada punggung bagian belakang memakai bantal. Agar nantinya saat tidur nyenyak, tubuh tidak kembali terlentang seperti biasanya.

3. Menggunakan Alat Anti Dengkuran

Jika ingin cara praktis dan bisa mengatasi masalah mendengkur saat tidur. Maka cobalah untuk memakai alat anti dengkuran tersebut.

Alat ini mirip pelindung mulut pada atlet, dimana fungsinya membantu membuka jalan nafas juga bisa mengarahkan rahang bawah dan lidah ke bagian depan ketika tidur.

4. Membersihkan Saluran Hidung

Cara supaya tidur tidak mendengkur lainnya bisa dengan memulai membersihkan saluran hidung. Kenapa? Pasalnya saluran hidung ini bisa menjadi penyebab susah bernafas, misalnya karena hidung tersumbat. Cobalah bersihkan hidung dan bilas memakai lautan garam menjelang tidur.

5. Menjaga Kelembapan Udara

Pentingnya memantau udara sekitar ruang ketika tidur agar tidak terganggu pernafasannya. Salah satunya dengan menjaga kelembapan udara agar tidur lebih nyaman dan tenang. Bisa dengan menambahkan air purifier di kamar agar terjaga kelembabannya.

6. Menurunkan Berat Badan

Ternyata mendengkur ini berpengaruh pada berat badan seseorang. Jika ingin tidur tidak mendengkur maka caranya bisa dengan menurunkan berat badan. Jadi jaringan lemak di belakang tenggorokan juga bisa berkurang dan bisa mengurangi dengkuran.

7. Berhenti Merokok

Ternyata rokok bisa menjadi pemicu terjadinya dengkuran saat tidur. Pasalnya asap rokok ini bisa menyumbat saluran udara seperti hidung dan tenggorokan. Jika terjadi penyumbatan maka jalan nafas tidak bisa bekerja sempurna yang kemudian terjadi dengkuran.

8. Memperhatikan Makanan yang dikonsumsi

Setelah mendapatkan asupan makanan ketika malam hari sebelum tidur, maka wajib memperhatikan apa saja yang dikonsumsi. Pasalnya makanan yang tidak tepat atau terlalu banyak makan bisa berpengaruh pada dengkuran. Cobalah meminimalisir porsi makan dan hindari produk susu.

9. Berolahraga yang Teratur

Paling penting saat menghilangkan dengkuran yaitu dengan sering berolahraga. Kenapa? Ketika olahraga maka mampu mengencangkan banyak otot termasuk otot tenggorokan. Ada latihan khusus guna memperkuat otot tenggorokan jadi tidak mudah mendengkur.

10. Tetap Terhidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh bisa berpengaruh pada kondisi lendir hidung lengket. Sehingga memicu jalan nafas tidak lancar dan menjadi mendengkur saat tidur. Agar tenggorokan juga tidak kering harus sering minum air putih agar tidak mendengkur, minimal 8 gelas setara 1 liter seharinya.

Itulah beberapa cara supaya tidur tidak mendengkur dan lebih nyenyak. Dengan menjaga tidak ada dengkuran maka orang sekitar juga lebih rileks saat tidur. Selain itu pula ketika tidur tanpa mendengkur bisa terlihat lebih sehat dan nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top