Cara Broadcast Whatsapp Tanpa Save Nomor, Ini Langkah-langkahnya

Cara broadcast whatsapp tanpa save nomor ternyata bisa dilakukan. Jadi untuk melakukan broadcast di whatsapp tidak perlu repot untuk menyimpan satu per satu dulu nomor kontak yang akan di broadcast.

Broadcast sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna whatsapp untuk mengirim pesan sekaligus ke banyak kontak. Namun perlu diketahui juga bahwa whatsapp menerapkan maksimal broadcast message sebanyak 256 kontak.

Yang jadi masalah pada broadcast message di whatsapp adalah pengguna harus menyimpan dulu nomor kontak yang akan dikirimi pesan di dalam perangkat yang digunakan. Itu merupakan hal yang merepotkan, oleh sebab itu cara broadcast whatsapp tanpa save nomor seringkali dicari.

Cara Broadcast Whatsapp di Android

Untuk mengirim pesan secara massal dengan aplikasi whatsapp, pengguna bisa melakukannya dengan hp android. Adapun rincian langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan whatsapp sudah terinstal, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Di pojok kanan atas klik titik 3 dan pilih “New broadcast”.
  • Pilih kontak yang akan dikirimi pesan siaran. Disini secara default jumlah kontak maksimal yang bisa dipilih adalah 256 kontak.
  • Klik ikon checklist (centang).
  • Kemudian tampilan akan beralih ke chat room pesan broadcast.
  • Pada chat room tersebut ketik isi pesan yang akan dikirimkan. Pesan tersebut juga bisa ditambahkan file foto, video, kontak, lokasi dan lain-lain yang relevan.
  • Coba baca kembali isi pesan tersebut. Jika sudah yakin, untuk mengirimnya tinggal klik Send / Kirim.

Langkah Broadcast Whatsapp Tanpa Save Nomor Menggunakan WA Business API

Cara diatas adalah langkah untuk melakukan broadcast message secara umum, artinya pengguna harus melakukan penyimpanan nomor kontak yang dituju dulu sebelum mengirim broadcast.

Nah hal itu terkadang merepotkan. Jika tidak ingin repot pengguna bisa coba cara broadcast whatsapp tanpa save nomor. Langkahnya akan dijelaskan berikut ini:

1. Pastikan Sudah Memiliki Whatsapp Business API

Langkah pertama untuk bisa melakukan broadcast whatsapp tanpa save nomor adalah pengguna harus pastikan sudah memiliki Whatsapp Business API. Nah untuk mendapatkannya pengguna harus mendaftar ke mitra resmi Whatsapp Business API.

Jika sudah terdaftar, pengguna akan dibantu untuk mendaftarkan nomor bisnis yang akan dijadikan Whatsapp API. Disini pengguna juga akan dibantu untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur canggih yang ada pada Whatsapp Business API.

2. Melakukan Verifikasi Facebook Business Manager

Setiap pelaku bisnis yang menggunakan Whatsapp Business API akan dikenakan syarat yang salah satunya adalah memiliki surat resmi.

Disini pengguna bisa meminta bantuan dari layanan Business Solution Provider agar dapat diverifikasi oleh Facebook.

Beberapa hal harus dipersiapkan dalam hal ini yaitu URL website, nama domain dan perusahaan, NPWP/SIUP/NIB.

Tanda centang biru akan terlihat setelah WA terverifikasi. Display name bisnis juga akan tertampil nantinya pada WA pelanggan meskipun nomor kontaknya tidak di save.

3. Melengkapi Profil Bisnis

Langkah berikutnya adalah melengkapi profil bisnis. Lengkapi informasi penting lain mengenai bisnis tersebut yang meliputi alamat lengkap, jam operasional dll.

4. Login Chat Panel

Setelah profil bisnis sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah masuk ke chat panel. Disini akan membutuhkan password dan username yang didapat dari mitra resmi Whatsapp API.

5. Unggah Daftar Kontak

Langkah selanjutnya buatlah daftar kontak yang akan dikirimi pesan siaran dalam bentuk csv. Hal itu bertujuan agar daftar tersebut bisa langsung diunggah.

6. Tulis Isi Pesan Siaran

Berikutnya tulislah isi pesan siaran tersebut. Disini bisa dengan menggunakan template. Caranya pilih “template” lalu pilih “add new template”. Tulis isi pesannya, bila perlu tambahkan foto, video atau yang lain agar lebih menarik.

7. Kirim Broadcast

Langkah berikutnya tinggal kirim broadcast message tersebut. Caranya klik “New Broadcast Message” pilih campaign. Kemudian sistem akan mengirimnya secara otomatis sekaligus di waktu yang sama.

Nah itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara broadcast whatsapp tanpa save nomor. Jadi pengguna bisa manfaatkan coba lakukan langkah di setiap caranya yang sudah dijelaskan di atas.

Fitur ini akan berguna bagi para pelaku bisnis untuk sarana promosi bisnis. Fitur ini juga bisa digunakan untuk jangka panjang, jadi manfaatkanlah sebaik mungkin fitur ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top