Ketahui Cara Registrasi SMS Banking BRI, Syarat, Sampai Biayanya

Registrasi SMS banking BRI perlu dilakukan bukan hanya agar bisa menggunakan layanan SMS banking saja. Layanan ini juga sebagai jalur verifikasi bagi para nasabah BRI yang ingin menggunakan layanan lain misalnya saja seperti e-banking BRI.

Perlu diakui, bahwa di zaman perbankan semakin modern ini. Akses SMS banking mulai ditinggalkan. Namun, bukan berarti para nasabah bisa mengabaikannya. Karena, Bank BRI sendiri masih mengandalkan SMS banking untuk penyebaran informasi dan transaksi.

Syarat Untuk Registrasi Layanan SMS Banking BRI

Untuk registrasi dan juga daftar layanan SMS banking dari BRI ini, para nasabah perlu memenuhi syarat-syarat tertentu terlebih dahulu. Tenang saja, karena syarat yang perlu disiapkan tidak terlalu berat dan hanya berhubungan dengan data pribadi saja.

Berikut adalah berbagai syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Persyaratan ini harap dibawa ketika sedang melakukan registrasi untuk layanan SMS banking:

  • Buku rekening BRI yang masih aktif dan ada halaman kosong.
  • KTP Asli dari nasabah yang juga masih aktif.
  • Memiliki nomor HP aktif yang bisa didaftarkan pada layanan.
  • Email yang masih aktif dan bisa diakses dan dibuka.
  • Memilih pulsa setidaknya Rp10.000 di nomor yang akan digunakan.

Jika syarat tersebut sudah bisa disiapkan dan dipenuhi oleh nasabah. Nasabah bisa melakukan registrasi langsung ke kantor cabang.

Biaya Registrasi Untuk Layanan SMS Banking BRI

Selain syarat untuk registrasi, para nasabah juga harus menyiapkan biaya untuk melakukan registrasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk pendaftaran para nasabah minimal harus memiliki pulsa sebesar Rp10.000.

Hal ini karena ketika para nasabah mengirimkan SMS konfirmasi untuk mendaftarkan nomor. Nomor akan dikenakan biaya pulsa yang berbeda tergantung provider yang digunakan. Namun, bisa dijamin biayanya tidak akan lebih dari Rp10.000.

Selain itu, jika selanjutnya para nasabah akan menggunakan SMS banking BRI untuk transaksi. Maka, akan dikenakan biaya dan pemotongan pulsa sesuai dengan jenis transaksi yang dilakukan.

Misalnya saja, untuk transfer biasanya dikenakan Rp250. Rata-rata biaya untuk tiap transaksi memang hanya Rp 250 saja. Jadi, harga setiap transaksinya cukup terjangkau.

Cara Registrasi SMS Banking BRI

Setelah mengetahui syarat sampai dengan biayanya. Berikutnya akan dibahas bagaimana cara untuk melakukan registrasi layanan SMS banking BRI. Proses registrasinya memang langsung ke kantor cabang bank terdekat.

Namun sebelum ke kantor cabang, para nasabah perlu ke ATM terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, terkait dengan simak uraian berikut ini terkait dengan langkah yang perlu dilakukan untuk dapat melakukan proses registrasi layanan SMS Banking BRI:

  • Masukkan kartu ATM BRI pada mesin ATM, selanjutnya, silahkan konfirmasi dengan PIN.
  • Masuk ke menu  ‘Registrasi’ di antara pilihan transaksi yang ada.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi ‘SMS Banking’.
  • Masukkan no HP yang akan digunakan.
  • Setelah itu, tentukan PIN untuk SMS Banking.

Para nasabah akan mendapatkan struk tanda registrasi sudah dilakukan. Struk inilah yang perlu di bawah ke kantor cabang bank beserta dengan buku tabungan dan KTP yang masih aktif.

Para nasabah tinggal menyampaikan maksud untuk registrasi SMS banking ke customer service. Pihak customer service yang akan membantu para nasabah untuk mengkonfirmasi dan mengaktifkan layanan.

Apabila sudah dipastikan rekening telah diaktifkan oleh pihak customer service, para nasabah sudah bisa menggunakan layanan SMS banking dari BRI. Registrasi SMS Banking BRI memang sangat mudah dan sangat berguna. Jangan pandang sebelah mata akses ini walaupun jarang digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top