Ketahui Persyaratan Membuat Rekening Mandiri Serta Jenis Tabungannya

Ketika memutuskan untuk membuka menjadi nasabah Mandiri, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui. Termasuk persyaratan membuat rekening Mandiri yang harus dipahami beserta dan dipelajari. Untuk lebih lengkapnya, simak berikut ini ulasannya, yaitu:

Persyaratan Membuat Rekening Mandiri

Untuk dapat menjadi salah satu nasabah dari Mandir, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diketahui. Mengingat pembukaan rekening tidak bisa dilakukan secara asal. Berikut syarat yang harus dilengkapi dalam pembuatannya, yaitu:

1. Bayar Setoran Awal

Syarat pertama yang harus calon nasabah lakukan untuk membuka rekening mandiri, yaitu membayar setoran awal. Jumlah setoran pertama yang harus dibayarkan sejumlah 500.000 ribu. Termasuk ke dalam jumah saldo minimum yang harus dimiliki.

Namun, jika ingin melakukan setoran lebih dari minimal setoran tentu boleh saja. Asalkan pada setoran pertama tidak kurang dari 500.000 ribu. Jika kurang, maka pembukaan rekening pun tidak bisa dilakukan.

2. Kartu Identitas

Selanjutnya, syarat dari pembukaan rekening Mandiri salah satunya yaitu kartu identitas. Bentuk keterangan identitas yang bisa diberikan yaitu ada KTP beserta NIK yang terdaftar. Untuk warga negara asing bisa melampirkan paspor atau KIMS.

Selain itu, calon nasabah juga bisa melampirkan KK sebagai bukti identitas diri. Mengingat dalam dokumen tersebut terdapat keterangan jumlah keluarga. Dilengkapi dengan status calon nasabah dalam KK yang dilampirkan tersebut.

3. NPWP

Ketika calon nasabah memutuskan untuk membuka rekening Mandiri, maka sumber penghasilan sudah pasti ada. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan NPWP. Membuktikan bahwa nasabah adalah orang yang sudah menjalankan wajib pajak.

Bagi yang belum mempunyai NPWP, bisa langsung mengurusnya di kantor pajak terdekat. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan cepat. Syaratnya juga cukup mudah, yaitu dengan membawa KTP atau pun KK saja.

4. Bayar Administrasi

Dalam proses pembukaan rekening Mandiri, setiap calon nasabah dikenakan biaya administrasi. Hal tersebut tentu untuk keperluan pembuatan buku rekening dan kartu ATM. Umumnya pembayaran administrasi telah diberlakukan oleh setiap bank.

Mengenal Jenis Tabungan Mandiri

Setelah mengetahui syarat dari pembuatan rekening Mandiri, pastikan juga sudah tahu jenis tabungan yang ada. Agar nantinya pembuatan rekening tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut jenis tabungan yang ada, di antaranya, yaitu:

1. Tabungan Rupiah

Merupakan tabungan yang dapat calon nasabah buka ketika memilih Mandiri sebagai pilihan. Termasuk ke dalam jenis tabungan dengan layanan autodebet. Memungkinkan pembayaran bulanan seperti air, telepon atau pun listrik bisa dilakukan.

2. Tabungan Valas

Selanjutnya jenis tabungan yang dapat dipilih, yaitu tabungan valas. Merupakan jenis tabungan yang tidak menggunakan rupiah, tetapi mata uang asing. Dengan setoran banknotes menggunakan pecahan dollar, baik fisik, kurs ataupun lainnya.

3. Tabungan Rencana

Tawaran pembuatan rekening lainnya yang dapat dipilih, yaitu ada tabungan rencana. Jenis tabungan yang akan mewujudkan rancangan hidup nasabah. Sesuai dengan namanya, tabungan ini mempunyai target penarikan setiap bulannya sehingga masuk ke rekening tabungan.

4. TabunganKu

Bagi yang ingin menumbuhkan budaya menabung, nasabah bisa menggunakan TabunganKu. Dengan syarat dan ketentuan yang mudah, siapapun bisa membukanya. Keuntungan pembukaan tabungan jenis ini bisa membantu peningkatan kesejahteraan dari setiap masyarakat.

5. Tabungan NOW

Terakhir, ada tabungan now yang memudahkan siapapun agar bisa menabung secara fleksibel. Pasalnya transaksi dari tabungan yang satu ini bisa dilakukan kapan pun. Nasabah juga bisa dengan mudah mengaksesnya di smartphone.

Itulah ulasan terkait persyaratan membuat rekening Mandiri beserta dengan jenis tabungannya. Jika dilihat secara umum, pembuatan rekening cukup mudah bukan? Namun, tiap jenis tabungan biasanya ada syarat tambahan lainnya yang perlu dilengkapi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top