5 Cara Menghilangkan Sariawan Lidah dengan Efektif

Kondisi sariawan sangat mengganggu aktivitas makan dan minum. Ada cara menghilangkan sariawan lidah dengan efektif juga mengurangi rasa tidak nyaman di mulut. Perlu diperhatikan pula munculnya sariawan di lidah ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Saat mengalami sariawan di lidah membuat penderitanya merasa tidak enak makan dan minum. Banyak cara agar sakit sariawan mereda dan area sekitar mulut bisa cepat sembuh. Berikut ini cara penanganan yang mudah untuk atasi sariawan di mulut:

1. Mengompres Es Batu

Saat mengalami sariawan maka bisa dengan mengompres es batu pada bagian yang sakit. Suhu dingin yang dihasilkan oleh es batu mampu meringankan gejala dan menghilangkan rasa nyeri.

Cara ini juga efektif untuk memberikan sensasi nyaman di bagian lidah yang terkena sariawan. Cara mudah mengompres pakai es batu tinggal menyediakan beberapa es batu dibungkus kain.

Kemudian menempelkan es batu terbungkus itu ke sariawan lidah beberapa menit. Jika tidak ada es batu bisa juga dengan kumur-kumur memakai air dingin.

2. Menggunakan Air Garam untuk Berkumur

Tidak harus menggunakan obat kimia untuk atasi sariawan di lidah. Bisa dengan mencoba memakai air garam untuk berkumur. Dengan berkumur bisa mengurangi rasa sakit bagian lidah dan meringankan peradangan.

Tinggal menggunakan air hangat dan dicampur dengan larutan garam. Untuk takaran larutan yaitu ½ sendok teh garam dimasukkan ke dalam air hangat.

Kemudian berkumur secara menyeluruh ke bagian rongga mulut dan buang bekas kumurnya. Lakukan berkumur air garam ini secara berulang hingga lidah terasa lebih nyaman.

3. Berkumur Memakai Obat Kumur

Langkah selanjutnya untuk menghilangkan sariawan lidah yaitu dengan berkumur menggunakan obat kumur. Dalam obat kumur terdapat kandungan chlorhexidine guna mengatasi sariawan. Sehingga sariawan pada bagian lidah bisa cepat mereda dan sembuh lebih cepat.

Adapun cairan hidrogen peroksida ini dipakai sebagai obat kumur. Saat luka sariawan terutama bagian lidah muncul dalam jumlah banyak. Maka obat kumur bisa mempercepat penyembuhannya tinggal mengikuti aturan pemakaian yang tertera di obat kumur.

4. Menggunakan Obat Sariawan

Banyak obat sariawan yang tersedia dan mampu mengatasi sariawan di lidah. Obat-obatan yang ada mampu mengatasi terjadinya sariawan di lidah. Ada banyak bentuk obat-obatan seperti salep, plester dan lainnya yang mengandung aloe vera.

Saat di lidah luka sariawan makin parah, maka bisa mengkonsumsi obat anti nyeri. Minum parasetamol atau ibuprofen guna mengurangi rasa perih pada permukaan lidah. Lihat aturan pemakaian obat agar nantinya overdosis dan sariawan di lidah mereda.

5. Mengkonsumsi Suplemen

Berikutnya jika ingin meredakan sariawan di lidah bisa dengan memberikan suplemen. Kandungan suplemen ini mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu, sariawan di lidah perlahan bisa berkurang dan bisa makan dengan nyaman.

Agar sakit karena nyeri sariawan di lidah, maka cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang bisa memperparah luka.

Caranya dengan menghindari makanan garing, asin, keras bahkan asam. Jadi lidah tetap terkondisikan saat memakan makanan dan minuman yang tidak mengiritasi luka.

Dengan memperhatikan cara menghilangkan sariawan lidah ini maka bisa mengurangi rasa sakit dan perih saat makan atau minum. Biasanya sariawan akan hilang dengan sendirinya selama dua minggu berlalu.

Jika sariawan makin parah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan segera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top