12 Manfaat Selasih untuk Kesehatan Wajib diketahui!

Selasih sering ditemukan dalam berbagai jenis minuman menyegarkan. Sekilas biji selasih hanya nampak sebagai hiasan saja, namun ternyata banyak manfaat selasih untuk kesehatan. Hal ini karena biji selasih tinggi akan vitamin dan mineral.

Dalam biji selasih, terdapat vitamin A, B, C, E, K, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, natrium, dan serat alami. Dari banyaknya kandungan nutrisi didalamnya, berikut adalah beberapa manfaat biji selasih:

1. Membuat Kenyang

Selasih sering salah dikenali sebagai chia seeds. Meskipun begitu, salah satu manfaat biji selasih hampir sama dengan biji chia yakni membuat kenyang lebih lama. Karena itu, biji selasih dan chia banyak dikonsumsi untuk diet.

2. Menguatkan Tulang

Selasih bermanfaat untuk kesehatan karena selasih mengandung vitamin K dan kalsium. Kalsium penting untuk memperkuat tulang, juga melindungi tulang dari risiko osteoporosis. Sedangkan vitamin K berguna untuk mengantarkan kalsium dari darah ke tulang.

3. Melancarkan Aliran Darah

Salah satu fungsi vitamin K adalah mengantarkan kalsium ke tulang. Hal ini penting agar kalsium tidak tertumpuk di pembuluh darah. Penumpukan kalsium dalam darah dapat menyebabkan aterosklerosis, yaitu penebalan dan penyempitan pembuluh darah.

4. Menjaga Jantung

Manfaat selasih untuk kesehatan juga termasuk jantung. Vitamin K mencegah penyakit jantung dan stroke yang disebabkan penyempitan pembuluh darah. Aliran darah bisa tersumbat bukan hanya oleh lemak, tapi juga kalsium.

5. Menurunkan Kolesterol

Selasih mengandung serat alami yang membantu mengendalikan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Serat ini berperan sebagai pengikat kolesterol. Konsumsi biji selasih dalam batas wajar bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Menjaga Kekuatan Gigi

Selain kalsium dan vitamin K, biji selasih juga mengandung magnesium. Mineral tersebut dibutuhkan tubuh untuk kesehatan gigi. Selasih dapat menjadi alternatif untuk orang yang mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu sapi.

7. Membantu Pembekuan Darah

Kandungan vitamin K dalam biji selasih juga bermanfaat dalam proses pembekuan darah. Saat terluka, darah bisa berhenti mengalir sendiri jika cukup vitamin K. Bagi perempuan, mengkonsumsi selasih saat menstruasi dikabarkan dapat mengurangi nyeri.

8. Menjaga Gula Darah

Masih dari vitamin K, biji selasih membantu mengendalikan gula darah. Hal ini membuat selasih dianjurkan untuk penderita diabetes. Tapi jangan lupa untuk tidak menambahkan gula saat menenggak minuman yang berisi selasih.

9. Menyehatkan Pencernaan

Biji selasih mengandung serat larut yang disebut pektin, yang bersifat prebiotik. Serat pangan ini selain untuk menjaga kolesterol juga bermanfaat untuk usus dan pencernaan. Pektin juga membantu mengatasi peradangan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

10. Merawat Kulit dan Imunitas Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalamnya membuat selasih berfungsi sebagai salah satu sumber antioksidan. Konsumsi selasih dapat meningkatkan imunitas tubuh dari berbagai virus dan penyakit. Selain itu, juga menutrisi kulit yang dapat mencegah jerawat dan penuaan dini.

11. Menurunkan Stres

Manfaat selasih untuk kesehatan mental juga ada. Stress dapat disebabkan oleh tingginya zat radikal bebas dalam tubuh. Dengan kandungan zat antioksidan, biji selasih dapat membantu tubuh mengatasi stres, meredakan cemas, dan meningkatkan suasana hati.

12. Regenerasi Sel Darah Merah dan Rambut

Selasih juga tinggi akan zat besi, yang digunakan untuk produksi sel darah merah dan pertumbuhan rambut. Konsumsi selasih dapat menggantikan kebutuhan zat besi dan kalsium bagi orang yang tidak mengkonsumsi daging dan susu.

Demikian beragam manfaat selasih untuk kesehatan, selain untuk pemanis minuman segar. Jangan lupa untuk konsumsi dalam batas yang wajar untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan rutin mengkonsumsi sumber serat lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top