6 Manfaat Daun Miana untuk Paru Paru dan Kesehatan Tubuh, Wajib Tah

Ada berbagai macam manfaat daun Miana untuk paru paru dan kesehatan tubuh. Daun miana atau tanaman yang memiliki nama lain iler ini merupakan tumbuhan semak yang mampu memiliki tinggi mencapai 150 sentimeter.

Pernafasan merupakan sistem vital tubuh. Jika terjadi gangguan pada saluran pernafasan maka bisa berakibat fatal. Daun miana menjadi salah satu alternatif dalam pencegahan gangguan pernafasan. Mari simak kegunaan daun miana yang bermacam macam.

1. Mencegah Asma

Manfaat daun miana untuk paru paru yang pertama adalah sebagai anti asma. Terdapat dua sifat yang terkandung pada daun Miana, yaitu anti asma dan anti histamin. Anti asma ini yang mengurangi gejala asma pada penderitanya.

Otot polos mendapatkan injeksi atau suplai efek relaksan yang bersumber dari pemberian ekstrak daun Miana. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan resistensi saluran pernafasan dan meningkatkan volume kapasitas udara di paru paru

2. Menurunkan Gejala Batuk

Virus dan bakteri menjadi salah satu faktor terjadinya gejala batuk yang mendera sistem pernapasan pada manusia. Daun Miana juga bisa menjadi pengobatan untuk gejala batuk yang mendera sistem pernafasan.

Cara untuk mengolah tanaman berakar tunggang ini untuk dijadikan sebagai obat dari gejala batuk ialah dengan rebusan air daun Miana. Kemudian dikonsumsi oleh penderita gejala batuk. Lakukan ketika tenggorokan terasa gatal atau batuk mendera.

3. Menurunkan Demam

Demam adalah kenaikan suhu yang terjadi pada makhluk hidup yang biasanya bersifat sementara. Jika ditelusuri lebih lanjut penyebab dari terjadinya demam ada berbagai macam. Sehingga upaya untuk mengobati demam juga beragam.

Diantara berbagai cara untuk menurunkan demam adalah dengan penggunaan daun Miana. Tata cara pemanfaatan daun Miana untuk mengurangi demam juga sama dengan cara menurunkan gejala batuk yaitu daun Miana di rebus untuk di konsumsi.

4. Mencegah Masuknya Radikal Bebas

Elektron yang tidak punya pasangan dalam senyawa sehingga melakukan pencarian pasangan dengan cara menjaring elektron pada lingkungan sekitar dinamakan radikal bebas. Waspadalah radikal bebas karena dapat mendatangkan penyakit kronis.

Salah satu kandungan dari daun Miana adalah fitokimia yang bersifat khusus. Fungsinya adalah sebagai pencegah masuknya radikal bebas pada tubuh manusia. Hal tersebut dapat diperoleh dengan melakukan konsumsi terhadap air rebusan daun Miana.

5. Mengobati Tifus

Tifus atau tipes merupakan penyakit yang diderita tubuh akibat Salmonella typhi, salah satu bakteri yang menginfeksi. Tipes dapat mengalami penyebaran dari makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri ini kemudian dikonsumsi oleh tubuh.

Anak anak di negara berkembang sangat rentan mengalami penyakit ini. Kurang menjaga kebersihan menjadi salah satu faktor munculnya penyakit ini. Salah satu solusi pengobatan penyakit ini adalah dengan konsumsi air rebusan daun Miana.

6. Sebagai Solusi Masalah Pencernaan

Masalah pada saluran pencernaan dapat terjadi akibat berbagai macam faktor. Diantaranya adalah malas beraktifitas dan bergerak, konsumsi air minum yang berlebihan, konsumsi obat ketika perut dalam keadaan kosong, dan sebagainya.

Ketika terjadi masalah pada saluran pencernaan maka akan terjadi ketidaknyamanan pada perut sehingga aktivitas bisa terganggu. Sebagai alternatif nya adalah dengan konsumsi daun Miana yang telah direbus terlebih dahulu.

Itulah tadi sederet manfaat daun miana untuk paru paru dan kesehatan tubuh. Penyakit bisa datang kapanpun dan dimanapun. Untuk itu pencegahan lebih baik dilakukan sebelum pengobatan setelah timbulnya penyakit. Salam sehat selalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top