Inilah Penyebab dan Cara Sembuhkan Radang Tenggorokan Secara Efektif

Berbagai cara sembuhkan radang tenggorokan kerap kali dicari pada saat terasa nyeri sewaktu menelan. Hal ini merupakan sebuah alarm yang menandakan bahwa daya tahan tubuh seseorang sedang menurun. Selain itu, penyebab lain karena adanya infeksi.

Radang tenggorokan sangat mengganggu aktivitas, apalagi jika aktivitas tersebut mengharuskan untuk berinteraksi secara terus menerus. Maka dari itu, sebelum menemukan cara dan obat untuk sembuhkan radang tenggorokan ini, simak dulu penyebabnya.

Penyebab Radang Tenggorokan

Banyak sekali penyebab dari munculnya radang tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit saat berbicara maupun menelan. Kesulitan saat bernapas, demam tinggi, suara serak hingga ruam merah pada area mulut menjadi tanda radang tenggorokan.

Tanda-tanda yang menjadi penyebab dari radang tenggorokan ini disebabkan oleh banyaknya faktor. Faktor yang menjadi penyebab radang tenggorokan adalah sebagai berikut:

  • Flu, pilek, batuk dan infeksi virus.
  • Infeksi bakteri Streptococcus.
  • Daya tahan tubuh menurun.
  • Udara yang terlalu kering.
  • Asap dan zat kimia.
  • Cedera pada tenggorokan.
  • Naiknya asam lambung.
  • Tumor tenggorokan.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Secara Efektif

Ada berbagai macam cara sembuhkan radang tenggorokan dengan efektif dan cepat apabila rutin dilakukan. Jika radang tenggorokan ini masih terasa ringan, maka dapat mencoba obat-obat alami ini untuk menyembuhkannya:

1. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Air putih menjadi sebuah kebutuhan utama pada tubuh seseorang, karena saat tubuh kekurangan cairan maka akan mengirim respon rasa sakit. Rasa sakit ini contohnya adalah nyeri saat menelan, karena tenggorokan memaksa untuk terus menghasilkan liur.

Liur dan lendir ini berfungsi untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan akan menyebabkan peradangan pada tenggorokan jika terasa kekurangan cairan. Dengan mengonsumsi air putih 2 Liter sehari dapat meringankan radang tenggorokan yang sedang melanda.

2. Kumur dengan Air Garam

Garam dapat menjadi obat untuk sembuhkan radang tenggorokan dengan cara melarutkannya dalam air untuk dijadikan obat kumur. Cara ini dipercaya dapat meringankan peradangan dan pembengkakkan pada tenggorokan.

Caranya yaitu siapkan secangkir air putih hangat serta setengah sendok teh garam, lalu campurkan keduanya dan aduk rata. Berkumurlah dengan larutan air garam ini sebanyak 3 kali sehari hingga peradangan pada tenggorokan ini mereda.

3. Mengonsumsi madu

Sejak dahulu, orang-orang menggunakan madu untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit seperti radang tenggorokan. Madu memiliki kandungan anti inflamasi, antimikroba serta antioksidan. Kandungan inilah yang dapat membantu untuk melawan infeksi yang menyerang tenggorokan.

Madu sangat efektif jika dikonsumsi dengan campuran air hangat. Selain lebih mudah untuk ditelan, air hangat juga dapat membantu untuk meringankan rasa nyeri. Namun perlu diingat, madu tidak boleh dikonsumsi anak dibawah usia 1 tahun.

4. Perasan Air Lemon

Kandungan dari air lemon memiliki senyawa vitamin C serta tinggi antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Senyawa ini sangat berguna untuk meredakan peradangan dan meringankan stres oksidatif yang menyebabkan gejala pada suatu penyakit.

Tapi jangan mengonsumsi air perasan lemon secara langsung, terlebih jika memiliki riwayat penyakit pada lambung. Lebih baik campurkan perasan air lemon ini dengan air hangat serta tambahkan sedikit garam dan madu untuk mengurangi rasa masam.

5. Jahe

Jahe diketahui sebagai salah satu rempah alami yang dapat menjadi obat untuk berbagai macam penyakit pada tubuh. Pasalnya, jahe mengandung senyawa antibakteri dan anti inflamasi yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi radang pada tenggorokan.

Berbagai penelitian menemukan ekstrak dari jahe bisa membunuh bakteri dan virus yang menyerang pernapasan. Selain untuk radang tenggorokan, ekstrak jahe juga dapat mengurangi radang yang dialami penderita TBC. Mengonsumsi ekstrak jahe dapat digabungkan dengan seduhan teh.

Itulah beberapa cara sembuhkan radang tenggorokan yang menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas. Obat-obat alami juga dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan. Jika radang tenggorokan semakin memburuk, segera minta bantuan medis untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top