Ini Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur Kuku Secara Alami dan Aman

Kuku menjadi salah satu bagian tubuh yang sering terkena kontak langsung dengan kotoran, bakteri bahkan jamur. Maka dari itu, banyak sekali cara menghilangkan jamur kuku yang bisa dilakukan di rumah secara alami.

Biasanya, jamur kuku atau istilah medisnya yaitu onikomikosis adalah infeksi dari suatu jamur yang menyerang kesehatan kuku. Umumnya, penyebab dari munculnya infeksi ini karena kurangnya kebersihan di sekitar area kuku.

Penyebab Munculnya Jamur Kuku

Infeksi jamur kuku ini banyak sekali penyebabnya dan penyebab utama yang biasa ditemukan adalah karena adanya bakteri yang bersarang. Awalnya, gangguan ini ditandai dengan munculnya tanda titik putih dan warna kekuningan pada ujung kuku.

Selain karena adanya bakteri yang menginfeksi kuku, terdapat penyebab lainnya yang menyebabkan munculnya jamur kuku, antara lain:

  • Kerusakan kuku.
  • Area lingkungan yang lembap.
  • Penggunaan sepatu yang sempit dan kurang sirkulasi udara.
  • Terlalu sering terkena air dalam waktu yang lama.
  • Jarang menggunakan alas kaki.
  • Cedera pada kuku.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Cara Mengatasi Jamur Kuku Secara Alami

Terdapat beberapa cara untuk menyembuhkan jamur kuku dengan bahan yang alami dan hasilnya pun cukup efektif. Selain menggunakan bahan alami yang aman, bahan-bahan ini juga biasanya tersedia di rumah. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara berikut ini:

1. Rendam Menggunakan Air Cuka

Air cuka menjadi salah satu cara untuk menyeimbangkan pH pada kulit serta mencegah adanya infeksi jamur. Dengan menggunakan cara ini, larutan air cuka dapat menghentikan penyebaran jamur yang dapat menginfeksi kuku.

Cukup sediakan baskom yang berisi air hangat, lalu masukkan cuka secukupnya pada baskom tersebut. Rendamlah kaki dan tangan sekitar 20 menit setiap harinya secara rutin dan teratur. Perawatan ini juga dapat dilakukan di rumah.

2. Oleskan Tea Tree Oil

Selain menggunakan larutan air cuka, tea tree oil juga dapat menjadi alternatif lain untuk mengatasi jamur kuku. Tea tree oil atau nama lainnya melaleuca merupakan minyak yang mengandung anti jamur yang dapat menangani permasalahan kulit.

Penggunaannya pun cukup mudah, yaitu bersihkan terlebih dahulu area kuku yang terinfeksi. Lalu, sediakan kapas dan basahi menggunakan tea tree oil beberapa tetes saja, kemudian tunggu sekitar 10 menit lalu gosok perlahan.

3. Krim dari Baking Soda

Cara menghilangkan jamur kuku berikutnya yaitu dengan baking soda. Ternyata selain menjadi pengembang untuk kue, baking soda juga dapat mengeringkan kelembapan. Kuku yang lembap secara berlebih dapat diatasi dengan serbuk ini.

Bahan yang digunakan hanya membutuhkan baking soda dan sedikit air. Campurkan kedua bahan ini hingga membentuk krim pasta yang nantinya dioleskan pada kuku yang terinfeksi. Diamkan dalam waktu 10 menit, kemudian siapkan air bersih untuk membilasnya.

4. Bawang Putih

Selain menggunakan bahan-bahan buatan pabrik, cara mengatasi jamur kuku juga dapat menggunakan bahan yang tersedia di dapur. Bawang putih dikenal dengan khasiatnya yang mampu mengatasi jamur karena mengandung senyawa allicin serta ajoene.

Untuk menghilangkan jamur kuku, cukup cincang sesiung bawang putih lalu oleskan pada kuku yang mengalami infeksi. Tutup bagian ini menggunakan perban agar lebih terjaga kebersihannya. Kemudian, tunggu selama beberapa jam dan lakukan secara rutin.

5. Oles Menggunakan Minyak Oregano

Selain menggunakan tea tree oil, minyak oregano pun bisa digunakan sebagai penghilang jamur kuku. BMC Complementary and Alternative Medicine mengungkapkan hasil penelitiannya bahwa minyak oregano mengandung senyawa tiol yang bersifat anti jamur.

Kandungan timol memiliki fungsi untuk meredakan infeksi jamur pada kuku bahan hingga 90%. Cukup oleskan minyak oregano pada kuku yang terinfeksi dengan menggunakan kapas secara rutin. Minyak oregano juga dapat dikombinasikan dengan tea tree oil.

Demikian cara menghilangkan jamur kuku dengan bahan alami yang dapat dipraktikkan di rumah. Pengobatan pada jamur kuku pun terbilang membutuhkan waktu yang lama dan jika bahan alami tidak cukup membantu, segera hubungi dokter dan bantuan medis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top