5 Cara Mengobati Bayi Pilek Ternyata Tak Sesulit yang Dibayangkan

Pilek, bisa disebut dengan salah satu penyakit ringan yang bisa menyerang siapapun. Adapun salah satunya yakni bisa menyerang pada bayi. Namun bagi para orang tua tak perlu khawatir karena, ternyata ada cara mengobati bayi pilek yang bisa dilakukan.

Seperti pada umumnya, jika bayi sedang pilek maka biasanya akan terus rewel dan merasa gelisah. Akan tetapi jika pada awal kelahiran, pilek merupakan suatu hal yang normal. Hal ini dikarenakan, bayi sedang membentuk sistem kekebalan tubuhnya.

Perlu diketahui bahwa, sebenarnya cara yang bisa dilakukan untuk mengobati bayi yang sedang pilek ini cukup mudah dan juga simpel. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diberikan beberapa cara tersebut, diantaranya:

1. Usahakan Bayi Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Apabila bayi dalam kondisi pilek, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memastikan bahwa bayi telah memiliki waktu istirahat yang tergolong cukup. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, maka bayi akan lebih mudah dalam membentuk kekebalan tubuhnya.

Apabila sistem kekebalan tubuh telah terbentuk dengan baik, maka secara otomatis dapat melawan virus yang bisa menyebabkan pilek tersebut. Akan lebih baik lagi jika pada saat tidur, berikan aroma terapi bisa berupa balsam ataupun minyak telon.

Dengan menggunakan aroma terapi tersebut, maka posisi bayi terasa hangat dan juga nyaman saat tidur. Oleh karenanya, hal ini cukup penting untuk dilakukan.

2. Pastikan Telah Memenuhi Kebutuhan Cairan Bayi

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan bagi si bayi. Hal ini dikarenakan, jika dalam kondisi pilek maka bayi harus dipenuhi kebutuhan cairannya agar tidak terjadi dehidrasi.

Adapun hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan susu baik berupa ASI ataupun susu formula. Para orang tua harus mendorong si bayi agar mau mengkonsumsi susu yang telah diberikan tersebut.

3. Hisap Hidung si Bayi

Cara mengobati bayi pilek yang selanjutnya yakni orang tua bisa menghisap hidung bayi. Hal ini dikarenakan, ketika pilek ini hidung bayi akan dipenuhi dengan banyak lendir dan juga cairan.

Dengan banyaknya lendir tersebut, memungkinkan bayi akan lebih sulit untuk bernafas. Oleh karena itu, Moms wajib menjaga saluran pernafasan si bayi agar tetap dalam kondisi bersih. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang digunakan untuk menyedot ingus bayi.

4. Pastikan Kondisi Ruangan Bayi dalam Keadaan Bersih

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan memastikan kondisi ruangan bayi dalam keadaan yang bersih dan tanpa adanya pendingin udara. Hal ini bisa dilakukan untuk dapat mengurangi hidung bayi yang tersumbat.

Apabila bayi telah terbiasa di kondisi ruangan yang berAC, bisa gunakan pula pelembab udara yang bagus dan juga bisa menjaga kelembaban dan juga kualitas udara yang ada. Adapun salah satu alat tersebut yakni bisa gunakan bantuan humidifiyer atau mesin pelembab udara.

5. Segera Periksakan ke Dokter

Apabila berbagai cara yang telah diuraikan sebelumnya belum berhasil, maka sebaiknya segera kunjungi dokter anak terdekat. Hal ini perlu segera dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, jangan berikan obat sembarangan untuk bayi. Apabila memberikan obat secara sembarangan pada bayi, maka bisa saja akan memberikan dampak yang cukup buruk.

Itulah uraian beberapa cara mengobati bayi pilek yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga simpel. Para orang tua bisa pilih salah satu cara yang dirasa mudah untuk dilakukan dan tidak mengganggu si kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top