6 Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening yang Jarang Diketahui

Setiap orang yang menjadi nasabah perbankan tentu memiliki nomor rekening yang berbeda, meskipun bank nya sama. Cara mengetahui bank dari nomor rekening yang masuk pun sebenarnya cukup banyak. Simak berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Menghitung Jumlah Digit

Cara mengetahui bank dari nomor rekening salah satunya, yaitu dengan menghitung jumlah digit yang ada. Pasalnya setiap bank mempunyai jumlah digit yang berbeda dengan menggunakan kode. Kode inilah biasanya yang akan membuat nomor rekening setiap bank berbeda.

Dengan menggunakan cara yang satu ini, para nasabah bisa dengan mengetahui setiap nomor rekening tanpa harus bertransaksi. Sayangnya metode ini memberikan informasi terlalu umum terkait nomor rekening. Jika ingin lebih spesifik, maka pastikan juga tahu kode banknya.

2. Memperhatikan Kode Bank

Selanjutnya cara yang dapat digunakan untuk mengetahui bank dari nomor rekening yakni dengan memperhatikan kode bank. Mengingat setiap bank mempunyai kode unik yang berbeda untuk tiap nasabahnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui deretan setiap angkanya.

Pasalnya pihak bank tidak akan memberikan kode yang sama kepada para nasabah. Jika hal tersebut terjadi, tentu akan menimbulkan masalah, baik untuk pihak bank dan juga nasabah. Berikut beberapa kode bank yang dapat diketahui, di antaranya yaitu:

  • 002 (BRI).
  • 008 (Mandiri).
  • 001 (Danamon).
  • 004 (BCA).
  • 009 (BNI).
  • 031 (Citibank).
  • 200 (BTN) dan masih banyak lainnya.

3. Menggunakan Mobile Banking

Layanan mobile banking yang difasilitasi oleh tiap bank juga dapat digunakan untuk mengetahui nomor rekening. Mengingat lengkapnya fitur yang terdapat di dalamnya. Mulai dari transfer, cek mutasi hingga melakukan transaksi keuangan lainnya.

Cara ini bisa dicoba dengan melakukan transfer tanpa saldo atau dengan melihat bukti pengiriman. Biasanya ada bukti transaksi berbentuk gambar yang dilengkapi logo bank. Untuk melihat nomor rekening, coba pilih menu transfer dan masukkan rekening tujuan.

4. Internet Banking

Serupa dengan mobile banking, layanan internet banking juga sangat terasa menguntungkan. Pasalnya selain memudahkan dalam bertransaksi, fasilitas tersebut menyediakan cara mudah melihat nomor rekening. Memungkinkan nasabah dapat mengetahui siapa saja yang telah melakukan transfer ke rekeningnya.

Untuk mengetahui nomor rekening yang masuk, pilihlah pada menu transfer. Selanjutnya masukkan rekening yang akan dituju, lalu pilih jenis bank yang dipakai oleh nasabah. Namun sebelumnya pastikan sudah mengaktivasi akun.

Pasalnya, apabila internet banking belum aktif, maka fitur dan layanan lainnya yang tersedia tidak dapat digunakan. Tidak hanya itu saja, proses pengecekan pun sulit untuk dilakukan. Oleh sebab itu pastikan bahwa akun telah terdaftar dan aktif.

5. Mencetak Rekening Koran

Untuk mengetahui asal bank dari nomor rekening lainnya bisa dilakukan dengan mencetak rekening koran. Cara yang satu ni dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Hal ini tentu dapat dilakukan saat jam operasional bank berlangsung.

Pemberian rekening koran sendiri biasanya akan dicetak oleh pihak bank tiap bulannya. Namun ada juga yang melakukan pencetakan saat diminta oleh nasabah. Hal ini biasanya tergantung dari bank serta kebutuhan nasabah akan rekening koran.

6. Memeriksanya Lewat Website Terpercaya

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor rekening bank yaitu lewat website terpercaya. Nasabah sudah bisa memanfaatkan berbagai website saat ini. Termasuk website yang bisa mengetahui bank dari nomor rekening dan pemiliknya.

Jadi, begitulah beberapa cara mengetahui bank dari nomor rekening yang masuk, bagaimana mudah bukan? Jika salah satu cara tidak dapat bekerja, maka coba cara selanjutnya. Pastikan juga sudah paham dengan setiap cara yang telah dijelaskan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top