6 Cara Mengatasi Playstore Error yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Cara mengatasi playstore error perlu diketahui oleh para pengguna android, karena playstore merupakan aplikasi yang sangat penting untuk hp android. Terkadang dalam penggunaannya memang error seringkali terjadi pada aplikasi playstore.

Ketika playstore error, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Nah jika belum tahu berikut penjelasan opsi cara untuk mengatasi playstore error.

1. Bersihkan Cache dan Hapus Data Aplikasi Playstore

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi playstore error adalah membersihkan cache dan hapus data aplikasi playstore. Untuk melakukannya pertama menuju ke menu setting yang ada di hp android. Pilih Apps / Aplikasi, tap Google Play Store.

Klik opsi Clear Data, pilih Clear Cache atau sekalian saja pilih Clear all data. Jika sudah coba buka lagi aplikasi playstore. Biasanya dengan cara ini aplikasi playstore akan kembali berfungsi dengan normal.

2. Bersihkan Data dan Cache Download

Jika  cara pertama masih belum berhasil, coba cara berikutnya yakni menghapus data dan cache download. Langkah pertama buka dan jalankan menu setting. Lalu pilih Apps, tampilkan semua aplikasi dan temukan Download / Pengelola Download.

Klik pada aplikasi itu dan tap opsi Clear data, pilih clear cache. Selanjutnya tap Clear all data agar file-file reduksi download hilang. Setelah itu coba buka lagi aplikasi playstore.

3. Cek Update Playstore dan Google Play Services

Cara mengatasi playstore error berikutnya adalah cek update playstore dan google play services. Jika aplikasi play store belum diupdate maka akan ada kemungkinan besar error pada penggunaannya. Untuk itu pastikan playstore sudah berada pada posisi update terbaru.

Selain itu cek juga Google Play Service karena ini adalah pendukung penting bagi playstore. Jika play service belum berada pada posisi update terbaru tentu dalam penggunaan playstore juga tidak akan berjalan dengan sebagaimana mestinya dan menyebabkan terjadinya error.

4. Force Stop / Tutup Paksa Aplikasi

Jika ketiga cara diatas masih belum berhasil juga, lanjutkan ke cara berikut ini untuk mengatasi playstore error. Caranya adalah dengan melakukan tutup paksa / force stop aplikasi playstore.

Langkah untuk melakukannya yang pertama buka menu setting / pengaturan. Tampilkan semua aplikasi yang terinstal lalu tap pada Google Play Store.

Tap opsi tutup paksa / force stop. Jika diminta konfirmasi klik saja OK atau Yes. Setelah itu coba lagi jalankan aplikasi playstore.

5. Instal Ulang Aplikasi Playstore

Masih ada cara mengatasi playstore error berikutnya yang bisa dilakukan, yakni menginstal ulang aplikasi Playstore tersebut. Namun disini agak beda karena playstore ini biasanya merupakan aplikasi bawaan, jadi tidak bisa di uninstal.

Disini yang bisa dilakukan adalah uninstal updates. Langkah caranya, jika sudah berada di dalam menu setting, cari aplikasi Google Play Store, tap Uninstall Updates.

Setelah itu coba dibuka kembali aplikasi playstore tersebut. Jika diminta update ijinkan saja dan tunggu sampai prosesnya selesai.

6. Mulai Ulang Perangkat Android

Opsi terakhir untuk mengatasi playstore error adalah merestart atau memulai ulang perangkat android tersebut. Dengan restart biasanya semua sistem akan disegarkan atau dipulihkan kembali, termasuk sistem aplikasi playstore.

Untuk melakukannya tinggal tekan lama tombol power dan pilih opsi restart, reboot atau mulai ulang.

Jadi itulah tadi beberapa opsi cara mengatasi playstore error yang bisa dilakukan. Bisa dicoba semuanya satu per satu kalau belum berhasil.

Jika tidak ada gangguan pada hardware seperti chipset dan sebagainya seharusnya cara-cara tersebut sudah bisa mengatasi playstore yang error.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top