Ketahui Cara Melihat Mutasi Rekening BNI Lebih Dari 3 Bulan, Dibawah Ini

Ternyata, ada cara melihat mutasi rekening BNI lebih dari 3 bulan yang dapat dilakukan. Satu-satunya jalur yang dapat ditempuh untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan BNI Internet Banking. Sebelum mengecek, pendaftaran akun harus dilakukan terlebih dahulu, dan prosesnya cukup mudah.

BNI merupakan bank milik pemerintahan negara yang sudah berdiri lama sejak beberapa dekade yang lalu. Sama dengan bank lainnya, BNI memberikan fitur untuk melakukan mutasi bagi nasabahnya. Lantas, untuk apa sebenarnya mutasi rekening bank dilakukan?

Penjelasan Mengapa Mutasi Rekening Dibutuhkan

Mutasi merupakan hal yang cukup sering dilakukan oleh nasabah rekening. Hal tersebut bertujuan untuk mengecek riwayat transaksi yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam riwayat tersebut, nasabah dapat melihat informasi transaksi, tanggal terjadinya transaksi, hingga jenis transaksi.

Hanya saja, umumnya riwayat yang diberikan memiliki batasan waktu.tertentu, sehingga riwayat yang lebih lama sudah terhapus. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pengecekan mutasi dilakukan sering, dan tidak boleh terlalu lama.

Pada BNI, sebenarnya ada berbagai metode yang dapat dicoba untuk mengecek mutasi rekening, baik secara konvensional maupun online. Tetapi, umumnya riwayat transaksi yang diperlihatkan hanya sampai sebulan terakhir.

Maka dari itu, BNI memberikan fitur mutasi rekening dengan jangka waktu lebih lama, yakni 6 bulan. Fitur tersebut hanya berada pada BNI Internet Banking, yang dapat diakses oleh nasabahnya dengan gratis.

Begini Cara Melihat Mutasi Rekening BNI Lebih Dari 3 Bulan

Untuk dapat melihat mutasi rekening, nasabah akan memerlukan akses ke BNI Internet Banking. Prosedur yang dilakukan cukup mudah, dan selain mutasi rekening, akun dapat digunakan untuk berbagai fitur lainnya. Berikut cara melihat mutasi rekening BNI lebih dari 3 bulan:

1. Lakukan Pendaftaran Akun BNI Internet Banking

Untuk mengakses internet banking, nasabah BNI akan perlu mendaftar terlebih dahulu melalui BNI Internet Banking. Pendaftaran akan memerlukan kunjungan ke ATM BNI terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah mengunjungi ATM BNI terdekat, masukkan kartu ATM BNI, dan ketikkan nomor PIN nya.
  • Pada layar selanjutnya, pilih opsi Registrasi e-Channel, lalu pilih Internet Banking. Tekan tombol Setuju.
  • Ketikkan nomor PIN untuk akun internet banking, lalu klik OK.
  • Pada pertanyaan mengenai apakah ingin melakukan transaksi, tekan Ya.
  • Simpan struk yang keluar untuk proses aktivasi selanjutnya.

2. Lakukan Aktivasi Akun BNI Internet Banking

Setelah pendaftaran selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi melalui situs resmi BNI. Hal ini bertujuan untuk dapat mengakses fitur-fitur seperti mutasi rekening. Seperti inilah proses yang harus dilakukan:

  • Mula-mula, kunjungi situs BNI Internet Banking melalui browser.
  • Selanjutnya, pilih opsi Aktivasi, dan ikuti instruksinya hingga pilihan “Klik di Sini”.
  • Pada halam aktivasi, ketikkan kode aktivasi yang tertulis pada struk ATM, dan PIN khusus internet banking yang didaftarkan.
  • Berikutnya, lakukan prosedur OTP dengan menggunakan nomor handphone.
  • Lakukan pengecekan kembali informasi mengenai nomor rekening, data pribadi, dan lain-lain. Tekan Proses untuk mengaktifkan akun.

3. Lihat Mutasi Rekening BNI 6 Bulan Terakhir

Jika akun internet banking sudah dimiliki, maka nasabah hanya tinggal melakukan cek mutasi rekening dengan mudah. Kelebihan dari pengecekan melalui layanan internet banking, informasi riwayat transaksi yang diberikan akan jauh lebih jelas. Begini caranya:

  • Kunjungi kembali halaman utama BNI Internet Banking, dan lakukan login.
  • Setelah login, pilih opsi Rekening, lalu pilih “Mutasi Tabungan & Giro”.
  • Berikutnya, pilih nomor rekening yang ingin dilihat mutasi rekeningnya.
  • Ambil pilihan mutasi rekening 6 bulan terakhir, dan tunggu hingga hasilnya muncul.

Demikian informasi perihal cara melihat mutasi rekening BNI lebih dari 3 bulan. Nasabah akan dapat melihat keterangan mengenai mutasi dalam jangka waktu yang lebih lama. Ditambah lagi, dengan akun internet banking BNI, transaksi akan jauh lebih praktis dan dapat dilakukan di rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top