Cara Cek Saldo Bank BPD Lewat SMS, Akses Mudah Untuk Siapapun 

Walaupun fasilitas Bank BPD sudah semakin canggih, namun masih banyak nasabah yang lebih memilih melakukan cara cek saldo Bank BPD lewat SMS. Terutama, bagi nasabah yang mungkin tidak memiliki akses pada aplikasi mobile dan internet.

Layanan SMS memang lebih menjangkau bagi masyarakat yang jauh dari sinyal dan jaringan internet. Dengan layanan SMS ini, para nasabah bisa mengecek saldo tanpa perlu datang ke bank maupun ATM. Jadi, aksesnya lebih praktis di manapun berada.

Tentang Bank BPD atau Bank Pembangunan Daerah

BPD merupakan lembaga bank yang sudah tidak asing di masyarakat luas terutama di Indonesia. Tujuan pembentukan bak satu ini agak berbeda dari bank konvensional lain yang ada di Indonesia.

Tidak hanya sekedar menghimpun dana dari masyarakat. Namun, sebagai bagian dari program dan pelaksanaan pembangunan ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu, dapat diraih pembangunan yang lebih merata.

Setiap wilayah provinsi di Indonesia memiliki BPDnya sendiri dan memiliki peranan strategis dalam membantu perekonomian. BPD berperan sebagai mitra dan motor dalam pemerataan dan percepatan pembangunan daerah terutama di bidang ekonomi.

Tidak heran, jika bank ini juga mendukung akses dan fasilitas perbankannya pada masyarakat. Hal ini untuk memastikan masyarakat mudah menjangkau dana dan program yang diadakan pemerintah melalui bank pembangunan daerah pada setiap wilayah.

Cara Cek Saldo Bank BPD Lewat SMS

Seperti yang disebutkan sebelumnya akses SMS adalah akses paling mudah dan fleksibel untuk pengecekan saldo BPD. Karena tidak semua wilayah di Indonesia sudah memiliki akses internet.

Untuk menggunakan fasilitas ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan nasabah. Langkah tersebut akan dijelaskan dengan rinci di bawah ini:

1. Aktifkan Layanan SMS Banking BPD

Sebelum bisa melakukan pengecekan para nasabah perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Berikut adalah langkah untuk melakukan aktivitas yang harus dilakukan langsung di kantor cabang bank terdekat:

  • Datangi kantor BPD dan katakan tujuan untuk aktivasi SMS Banking.
  • Customer service akan memberikan form yang harus diisi oleh para nasabah.
  • Setelah itu, ikuti arahan dari customer service untuk melakukan pendaftaran dan pembuatan pin.
  • Untuk aktivasi kirimkan SMS dengan format yang sudah diberitahu oleh Customer Service. Setiap Bank BPD memiliki format dan nomor tujuan yang berbeda.

Kemudian, para nasabah akan menerima pesan yang berisi PIN untuk transaksi dengan SMS Banking nantinya.

2. Cek Saldo dengan SMS Banking

Jika sudah mendapatkan pin dan layanan SMS Banking dinyatakan aktif. Para nasabah baru bisa melakukan cek saldo. Caranya dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu saja. Untuk cek saldo format umumnya adalah

SALDO (SPASI) KODE NAMA ALIAS (SPASI) NOMOR PIN

Format SMS tersebut kemudian dikirimkan pada nomor Bank BPD sesuai dengan masing-masing daerah. Setiap wilayah memiliki nomor tujuan SMS banking berbeda walaupun kebanyakan memiliki format yang sama.

Hal penting yang perlu diingat oleh para nasabah adalah pastikan ada pulsa yang cukup sebelum mengirimkan SMS. Karena setiap SMS akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan provider yang digunakan.

Tidak heran, jika setiap tarif SMS pengecekan saldo berbeda-beda untuk setiap nomor. Gunakan juga nomor yang memang sudah terdaftar di perbankan dan jangan menggunakan nomor lain walaupun menggunakan pin yang sama.

Dengan informasi cara cek saldo Bank BPD lewat SMS di atas, siapapun bisa mengakses layanan perbankan dengan mudah. Bahkan, di kondisi tidak ada jaringan internet sekalipun bisa mengandalkan SMS.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top