Cara Buat Whatsapp Akun Bisnis yang Mudah Dilakukan

Whatsapp sekarang sudah memiliki dua jenis, yaitu whatsapp biasa dan whatsapp bisnis. Whatsapp bisnis adalah bagian penting bagi orang orang yang memiliki bisnis tersendiri. Perlu diketahui bahwa wa bisnis merupakan sebuah platform yang dirancang dengan tujuan untuk berbisnis. Lalu bagaimana cara buat whatsapp akun bisnis?

Perlu diketahui bahwa whatsapp ini memiliki fitur yang jauh berbeda dengan whatsapp ori atau wa asli. Dengan banyaknya fitur ini, memungkinkan kebanyakan orang penasaran dan ingin memiliki whatsapp bisnis ini. Bagi yang penasaran, simak selengkapnya di bawah ini:

Fitur Whatsapp Bisnis

Fitur wa bisnis ini sangat canggih dan berbeda sekali dengan wa biasa atau wa yang kebanyakan orang pakai. Berikut ini beberapa fitur yang dimiliki oleh wa bisnis.

1. Profil Bisnis

Pada wa bisnis terdapat fitur profil bisnis. Dengan adanya fitur profil bisnis ini dapat dengan mudah memasukkan semua identitas. Selain itu juga informasi bisnis termasuk nama toko/bisnis,alamat, deskripsi,jam kerja, kategori bisnis, dan masih banyak lagi.

2. Centang Hijau

Centang hijau atau biasa disebut dengan green tick adalah sebuah tanda pengenal untuk akun WhatsApp yang telah diverifikasi. Dengan memiliki akun yang sudah diverifikasi, hal ini akan memiliki dampak positif dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis serta meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

3. Katalog

Dengan adanya fitur katalog, dapat menambahkan daftar produk serta dapat menampilkannya di profil WhatsApp Business. Dengan begitu, bagi calon pelanggan dapat dengan mudah melihat berbagai produk yang ditawarkan melalui katalog tersebut.

4. Pesan Otomatis

Dengan adanya fitur ini, pemilik bisnis tidak perlu repot untuk merespons pesan. Hanya dengan mengaktifkan fitur WA auto reply, maka pesan balasan secara otomatis. Aplikasi ini menyediakan tiga fitur pesan otomatis, yakni:

  • Pesan Status Tidak Tersedia: dapat merespons pesan dari konsumen secara otomatis ketika sedang sibuk.
  • Pesan Sambutan: Dapat digunakan untuk menyapa serta menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis ini.
  • Jawaban Cepat: Memungkinkanuntuk merespons pesan pelanggan dengan pertanyaan yang umum.

5. ChatBot (Robot Chat)

Tidak seperti pesan otomatis, Bot Percakapan WhatsApp memungkinkan untuk membimbing pelanggan menuju tujuan tertentu melalui serangkaian langkah yang telah diatur sebelumnya. Sebagai contoh, ketika proses transaksi penjualan, klaim garansi, pembayaran, konfirmasi penjualan, pengajuan pengembalian produk, dan masih banyak lagi.

Boot ini dapat diterapkan pada kegiatan yang mengharuskan pelanggan mengikuti serangkaian langkah yang perlu dilakukan terlebih dahulu, seperti mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, bukti pembayaran, dan sebagainya.

Cara Membuat Akun WhatsApp Business Dengan Mudah

Bagi yang ingin  membuat akun pada WA bisnis, maka diperlukan beberapa cara khusus agar wa terbuat dengan sempurna. Cara cara ini bisa di simak dengan seksama. Berikut caranya:

  • Download dan Buka Aplikasi WhatsApp Business: Langkah pertama diharapkan untuk mengunduh terlebih dahulu Aplikasi WhatsApp Business ini secara gratis lewat Google Play Store. Setelah itu, ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama ponselmu.
  • Pahami Syarat dan Ketentuan layanannya. Jangan lupa untuk memahami Syarat dan Ketentuan yang berlaku pada WhatsApp Business. Selanjutnya, klik Setuju dan Lanjutkan untuk menerima persyaratan selanjutnya.
  • Kemudian klik Daftar: Pertama pilihlah negara kemudian daftar selanjutnya tambah kode negara, kemudian masukkan nomor telepon dalam format. Setelah itu, klik tombol selesai atau Lanjut, kemudian klik Ok untuk menerima kode sebanyak 6 digit melalui Short Message Service (SMS).
  • Jangan lupa untuk memberikan Izin Akses pada Kontak dan Foto : Tambahkan juga kontak dari buku telepon ke dalam aplikasi ini. Serta beri izin akses ke foto, video, serta file yang tersimpan pada ponsel.
  • Selanjutnya Buat Akun : Dalam membuat akun ini diharapkan untuk mengisi nama bisnis, kemudian pilih kategori bisnis, serta pasang foto profil.
  • Atur Profil Bisnis: Langkah akhir ini diharapkan untuk menjelajah  pada ruang  Profil bisnis. Disini dapat dengan menambahkan informasi yang penting tentang bisnis, seperti, deskripsi, alamat,  jam kerja, dan lain sebagainya.
  • Bisa langsung Mulai Chat : Profil bisnis kini sudah siap untuk  digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara buat whatsapp akun bisnis dengan mudah. Ikuti beberapa cara untuk membuat akun wa bisnis, perhatikan langkah demi langkahnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top