Manfaat Sereh Bagi Kesehatan dan Efek Samping yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengonsumsinya

Banyak yang sudah mengetahui tentang manfaat sereh bagi kesehatan dan sekarang sudah tidak menjadi rahasia lagi. sereh ini merupakan tumbuhan yang merupakan salah satu dari anggota suku rerumputan yang bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, khususnya untuk pengharum makanan.

Di Indonesia sereh ini sudah menjadi bahan dapur yang wajib dimiliki di dalam sebuah dapur. Selain memberikan cita rasa yang menyegarkan dalam sebuah hidangan, ternyata sereh ini juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Bahkan sereh ini tidak hanya bisa dicampur sebagai bumbu dalam masakan, namun sereh ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman menyegarkan yang menggugah selera. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi serai ini.

Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Manfaat sereh ini bisa merambah ke seluruh tubuh seperti kesehatan mulut dan gigi, kulit wajah, dan masih banyak lainnya yang akan diulas dalam pembahasan berikut ini.

1. Mengobati Infeksi Mulut dan Gigi Berlubang

sereh mengandung minyak esensial yang telah terbukti mengandung sifat antimikroba dimana kandungan tersebut dapat melawan bakteri yang merusak gigi berlubang seperti Streptococcus mutans.

Nah, dengan kandungan tersebut menjadikan sereh sebagai obat yang efektif untuk luka dan infeksi pada kulit serta infeksi pada organ vital seperti darah, usus, dan paru-paru.

2. Mengobati Penyakit Kulit

Sifat antijamur pada sereh membuatnya efektif dalam mencegah penularan jamur pada kulit, termasuk jenis jamur yang dapat menyebabkan masalah seperti kurap dan gatal di selangkangan.

3. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam sereh seperti isoorientin, asam klorogenat dan swertia japonica dapat membantu dalam memberantas radikal bebas. Dimana radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh secara perlahan.

Antioksidan ini juga terbukti bermanfaat untuk mencegah kelainan dalam fungsi sel di pembuluh darah jantung. Selain itu juga dapat digunakan sebagai obat kumur untuk terapi radang gusi.

4. Meredakan Peradangan

Kandungan anti-inflamasi pada sereh dapat mengurangi peradangan, dimana peradangan ini dapat menjadi pemicu datangnya penyakit serius seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

5. Mengurangi Diare dan Mencegah Mual serta Sakit Perut

sereh sudah terbukti menjadi obat alami yang efektif untuk mengurangi gejala diare. Biasanya obat obat diare memiliki efek samping seperti sembelit dan akhirnya banyak yang lebih memilih mengkonsumsi serai ini sebagai pengganti obat.

Selain itu, sereh juga berguna dalam meredakan sakit perut, mual, tukak lambung, masalah pencernaan dan lainnya.

6. Menurunkan Kolesterol dan Mengurangi Stress

Penelitian telah menunjukkan bahwa sereh dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hewan, walaupun penurunan kolesterol tersebut tergantung dosis. Selain itu, dengan menghirup aroma sereh dapat memberikan efek positif dalam mengurangi stress dan kecemasan.

7. Meredakan Sakit Kepala dan Mengurangi Kembung

Kandungan eugenol dalam sereh berperan dalam meredakan sakit kepala serta mencegah pembekuan trombosit darah. Sifat diuretik pada sereh juga membantu mengurangi kembung dan sindrom pramenstruasi pada wanita.

Efek Samping yang Perlu Diperhatikan

sereh mengandung kalori yang rendah dan kaya akan zat besi, vitamin C  serta kalsium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh dan juga kesehatan sel darah merah.

Namun, seperti halnya obat-obatan lainnya, penggunaan berlebihan sereh juga dapat menimbulkan efek samping. Terutama untuk Ibu hamil, orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti masalah jantung dan kadar kalium rendah. Orang-orang tertentu tersebut disarankan untuk menghindari mengkonsumsi sirih secara berlebihan.

Berikut ini reaksi alergi dan efek samping yang mungkin terjadi setelah mengkonsumsi serai:

  • Pusing.
  • Meningkatnya rasa lapar.
  • Mulut menjadi kering.
  • Meningkatkan frekuensi buang air kecil.
  • Mudah menjadi lelah.
  • Alergi seperti kesulitan bernapas, detak jantung menjadi lebih cepat, gatal di kulit dan ruam.

Itulah beberapa manfaat sereh bagi kesehatan dan efek samping serta alergi yang mungkin muncul setelah mengkonsumsi serai.

Satu hal yang wajib untuk diingat bahwa suatu apapun yang berlebihan memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh dan kesehatan, jadi semua harus dikonsumsi sesuai porsinya masing-masing.

Seperti halnya sereh ini, sereh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun jika sereh dikonsumsi secara berlebihan juga tidak akan menjadi baik untuk kesehatan, apalagi untuk orang-orang tertentu yang tidak disarankan mengkonsumsi serai ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top