Cara Menghilangkan Alergi Makan Udang: Obat Hingga Langkah Pencegahan

Cara menghilangkan alergi makan udang bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Alergi makan udang seringkali memberikan reaksi pada tubuh. Ada beberapa gejala yang umum dialami penderita alergi pada seafood atau makanan laut, termasuk udang.

Umumnya, penderita akan mengalami gejala jika makan udang secara langsung atau mengonsumsi makanan yang mengandung udang.

Namun bagi beberapa penderita yang mengalami alergi akut atau parah, ada baiknya juga menghindari atau menjaga jarak dari udang atau bahan yang mengandung udang.

Cara Hilangkan Alergi Udang

Biasanya, penderita akan segera menggunakan obat sebagai langkah untuk menghilangkan alergi udang. Secara umum, ada tiga jenis obat yang acap digunakan untuk mengatasi alergi udang. Berikut referensinya:

1. Menggunakan Obat Antihistamin

Obat ini paling sering digunakan untuk mengatasi alergi, terutama pada seafood termasuk udang. Antihistamin akan membantu untuk menurunkan kadar histamin, kandungan yang dihasilkan sistem imunitas tubuh akibat alergi udang.

Antihistamin bisa menjadi cara menghilangkan alergi makan udang dengan gejala ringan hingga berat. Apa lagi, obat jenis ini juga lebih mudah didapat karena dijual secara bebas. Namun, alangkah baiknya untuk tetap menggunakan resep dokter.

Beberapa obat antihistamin yang bisa didapat di apotek terdekat, di antaranya seperti fexofenadine, loratadine, dan cetirizine. Tapi jika alergi berlanjut, segera hubungi dokter terdekat.

2. Pakai Obat Tabur mengandung Calamine

Jenis obat ini berbeda dengan di atas. Calamine bisa digunakan untuk mengobati alergi yang masih tahap ringan. Penderita bisa menaburkan bedak anti gatal yang memiliki kandungan calamine.

Pengobatan dengan cara ini juga cukup sering dilakukan karena bedak ini mudah didapat di apotek. Bedak yang mengandung calamine akan menyamarkan kemerahan dan meredakan gatal.

3. Konsumsi Kortikosteroid

Kortikosteroid lebih sering digunakan untuk mengatasi reaksi yang lebih parah. Sebagai konsekuensinya, obat ini harus dipakai sesuai resep dokter dan tidak dianjurkan untuk digunakan secara bebas.

Aturan pakai obat ini tidak terlepas karena adanya efek samping yang mungkin ditimbulkan. Di antara efek samping itu, seperti masalah pada hati dan ginjal, sindrom cushing, hingga imunitas tubuh yang melemah.

4. Suntik Epinefrin

Jika jenis obat di atas bisa dikonsumsi dengan cara diminum maupun tabur, epinefrin merupakan obat jenis suntik. Obat epinefrin hanya digunakan untuk mengatasi alergi dengan gejala berat, bahkan sampai menimbulkan syok anafilaktik.

Setelah pengobatan, pasien akan dipantau beberapa jam, baik di rumah sakit atau di fasilitas kesehatan. Dokter atau perawat akan melihat reaksi obat, dan memantau hingga kondisi pasien membaik.

Gejala Alergi Udang

Secara umum, penderita gejala alergi akan bereaksi ketika mengkonsumsi udang atau makanan yang mengandung. Tapi, seperti yang dijelaskan di atas, ada kalanya penderita bisa mengalami alergi hanya dengan dengan alergen.

Secara medis dapat dijelaskan bahwa, alergi bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengalami respons berlebihan saat terpapar zat tertentu. Pada udang, zat-zat seperti saxitoxin, ciguatera, atau tropomiosin, dapat memicu terjadinya alergi.

Gejala alergi bisa terjadi dalam waktu cepat, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Ketika penderita mengalami alergi, reaksi yang muncul dapat berbeda, mulai dari gejala ringan hingga berat. Gejala alergi tersebut, bisa meliputi:

  • Bentol pada kulit atau biduran yang terasa gatal
  • Ruam pada kulit
  • Mual atau muntah
  • Peningkatan detak jantung
  • Hidung tersumbat
  • Pembengkakan di bibir, lidah, atau wajah
  • Diare
  • Sakit perut atau perut kram
  • Kehilangan kesadaran

Langkah Pencegahan Alergi

Bagi penderita yang telah menyadari adanya alergi pada tubuh, ada baiknya untuk melakukan pencegahan. Mencegah merupakan langkah awal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan alergi. Berikut adalah upaya pencegahan yang bisa dilakukan.

  • Hindari konsumsi udang atau makanan laut lainnya
  • Periksa label makanan
  • Jaga jarak dari alergen
  • Lakukan tes alergi

Cara menghilangkan alergi makan udang di atas perlu dilakukan, namun tetap ikuti resep dan anjuran dokter. Tetap waspada dan selalu periksakan kondisi kesehatan untuk mendapatkan langkah yang tepat dilakukan untuk menangani alergi yang dialami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top