Cara Menggunakan AirPods di Android Serta Fitur yang Ditawarkan

AirPods bukanlah eksklusif bagi pengguna iPhone saja. Pengguna Android juga dapat menggunakan AirPods tanpa harus berganti ke iPhone. Sebenarnya ada cara menggunakan airpods di android yang bisa dilakukan.

Meskipun demikian, untuk menggunakan AirPods dengan perangkat Android, diperlukan sedikit usaha tambahan. Saat Anda memasangkan AirPods dengan ponsel Android, Anda tidak akan mendapatkan metode khusus Apple yang hanya memerlukan pembukaan casing dan menunggu prompt untuk muncul.

Bisakah AirPods Tersambung ke Android?

Dalam beberapa tahun terakhir, produk-produk dari Apple telah menjadi sangat populer di kalangan pengguna di seluruh dunia. Salah satu produk unggulan mereka adalah AirPods, yang dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih seperti Active Noise Cancellation (ANC) untuk versi Pro dan Max, kemampuan untuk memutar musik secara otomatis ketika dipasang dan memberhentikannya saat dilepas, serta kemampuan untuk beralih secara otomatis antara perangkat yang berbeda. Meskipun AirPods dirancang khusus untuk mengintegrasikan dengan ekosistem Apple, ternyata mereka juga dapat digunakan dengan perangkat non-Apple.

Namun, karena AirPods dirancang dengan ekosistem Apple sebagai fokusnya, penggunaan mereka dengan perangkat non-Apple dapat mengakibatkan beberapa fitur hilang. Jadi, saat AirPods digunakan dengan perangkat selain Apple, hanya fitur standar yang akan berfungsi.

Terkait dengan keterbatasan tersebut, saat AirPods terhubung ke perangkat Android, ada beberapa perbedaan penting. Misalnya, audio panggilan tidak secara otomatis dipindahkan kembali ke ponsel saat AirPods dilepas dari telinga, dan indikator baterai untuk AirPods tidak akan ditampilkan di perangkat Android, sehingga pengguna harus memantau konsumsi baterai secara manual.

Cara Menggunakan AirPods di Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan AirPods dengan perangkat Android:

  • Pertama-tama, pastikan AirPods Anda disimpan dalam case-nya.
  • Tekan dan tahan tombol putih di bagian belakang case hingga lampu LED putih menyala. Untuk mematikan perangkat, tekan tombol tersebut lagi sampai lampu LED padam.
  • Selanjutnya, buka menu Bluetooth di smartphone Android Anda.
  • Cari perangkat yang tersedia. AirPods akan tercantum dalam daftar asalkan lampu LED pada case masih menyala.
  • Ketika Anda menemukannya, tekan opsi “Pasangkan” atau “Pair”, dan AirPods akan terhubung dengan smartphone Android Anda.
  • Setelah berhasil terhubung, AirPods akan secara otomatis terhubung setiap kali Bluetooth di ponsel Android Anda diaktifkan.

Fitur yang Ditawarkan AirPods Saat Tersambung ke Perangkat Android

Ketika AirPods terhubung dengan perangkat Android, penggunanya dapat menikmati sejumlah fitur yang berguna. Mereka bisa mengontrol pemutaran dan jeda dengan mengetuk dua kali AirPod yang dikenakan di telinga. Selain itu, mereka dapat mendengarkan musik dan menonton film dengan pemutaran audio yang jernih. AirPods juga memungkinkan pengguna untuk menerima panggilan telepon secara langsung. Semua ini membuat pengalaman mendengarkan audio melalui AirPods menjadi lebih praktis dan menyenangkan, bahkan untuk pengguna perangkat Android.

Bagaimana Jika Tidak Tersambung?

Apabila terjadi kesulitan dalam menghubungkan AirPods dengan perangkat Android, mungkin terdapat masalah pada AirPods atau perangkat Android Anda. Salah satu solusi yang dapat dicoba adalah melakukan restart pada perangkat Android atau Bluetooth, kemudian mencoba untuk menghubungkan kembali dengan AirPods.

Jika ponsel Android yang Anda gunakan mendukung pengisian daya nirkabel terbalik, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengisi daya AirPods.

Itulah terkait dengan cara menggunakan airpods di android yang bisa diikuti. Selain itu, telah diuraikan terkait dengan hal yang bisa dilakukan ketika airpods tidak dapat tersambung di android.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top