Cara Memperbaiki Youtube Terjadi Kesalahan di Smartphone dan PC

Cara memperbaiki youtube terjadi kesalahan perlu diketahui. Jadi ketika muncul notifikasi tersebut saat memutar youtube sudah tahu harus berbuat apa. Berikut cara perbaikan youtube terjadi kesalahan baik di perangkat smartphone maupun di PC:

1. Cek Koneksi Jaringan Internet yang Digunakan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika youtube memunculkan notifikasi terjadi kesalahan adalah mengecek koneksi jaringan internet yang saat ini sedang digunakan. Ini bisa berlaku baik pada perangkat smartphone maupun PC.

Untuk memainkan video youtube tentu membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jadi ketika koneksi tidak stabil tentu pada saat memainkan video akan terjadi gangguan atau bahkan tidak bisa diputar sama sekali.

Jika sudah yakin koneksi internet yang dipakai stabil, bisa reload atau refresh halaman youtube tersebut.

2. Turunkan Kualitas Video

Youtube menyediakan berbagai kualitas video, mulai dari yang rendah sampai yang tinggi. Nah jika terjadi kesalahan pada pemutaran video cobalah untuk menurunkan kualitas video yang ditonton.

Hal ini akan membantu dalam proses buffering, karena semakin tinggi kualitas video yang dimainkan maka semakin berat pula tugas yang harus dilaksanakan youtube untuk menampilkan video tersebut.

Ini biasanya juga berhubungan dengan koneksi internet. Misalnya jika menggunakan koneksi internet dari seluler cenderung tidak terlalu stabil, sehingga saat memainkan video dengan kualitas yang tinggi akan berkemungkinan besar terjadi gangguan dan kesalahan.

Namun jika menggunakan koneksi wifi biasanya relatif lebih stabil sehingga untuk memainkan video kualitas tinggi relatif lebih aman dan lancar juga.

3. Cek Apakah Ada Tab Lain yang Memainkan Video Youtube

Cara memperbaiki youtube terjadi kesalahan yang selanjutnya adalah periksa apakah ada tab lain yang juga sedang memainkan video youtube secara bersamaan dalam satu waktu.

Hal ini akan memberatkan beban internet sehingga berpengaruh pada pemutaran video youtube di tab lain. Cara ini berlaku ketika membuka youtube dengan browser pada perangkat PC atau laptop.

Jadi sebaiknya gunakan 1 tab saja untuk memainkan video youtube. Untuk diketahui bahwa memutar video youtube ini akan sangat membutuhkan jaringan internet.

Sehingga jika koneksi tersebut terbagi-bagi dengan tab-tab lain yang juga memainkan video youtube maka besar kemungkinan akan terjadi kesalahan di salah satu atau bahkan semua tab yang memainkan youtube secara bersamaan.

4. Cek Update Aplikasi Youtube

Cara memperbaiki youtube terjadi kesalahan selanjutnya ini berlaku pada saat memutar atau memainkan video youtube melalui aplikasi di smartphone. Aplikasi youtube yang belum update tentu tidak akan bisa berjalan maksimal karena belum dimutakhirkan.

Jadi saat memainkan youtube di smartphone dan mendapati notifikasi terjadi kesalahan, coba langsung menuju ke play store.

Cek ada opsi update / perbarui atau tidak. Jika ada itu berarti aplikasi memang belum diupdate dan bisa diupdate saat itu juga.

5. Update Browser

Jika di poin 4 tadi adalah cara yang berlaku pada saat memutar youtube dengan aplikasi di smartphone, maka pada poin ini berlaku pada saat memutar youtube di PC / laptop menggunakan browser.

Jadi ketika ada notifikasi terjadi kesalahan, mungkin saja itu dikarenakan browser yang digunakan belum pada posisi update terbaru. Oleh karena itu pastikan browser sudah berada pada pembaruan versi terbaru agar tidak terjadi kesalahan saat memutar video youtube.

Itulah tadi penjelasan yang bisa diberikan terkait cara memperbaiki youtube terjadi kesalahan baik di perangkat hp smartphone dan juga di PC / laptop.

Jadi jika saat memutar video youtube dan muncul notifikasi “terjadi kesalahan” silahkan bisa lakukan cara-cara diatas sesuai dengan perangkat yang digunakan saat itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top