Pusing Dibagian Belakang Kepala? Ternyata Ini Penyebabnya

Pastinya semua setuju kalau rasa pusing dibagian belakang kepala itu membuat terasa tidak nyaman dalam tubuh. Menyebabkan aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Umumnya pusing pada belakang kepala terjadi di bagian tertentu maupun keseluruhan bagian kepala.

Tentunya karena disebabkan beberapa faktor, sehingga cara mengatasinya tentu disesuaikan dengan kondisi serta penyebabnya. Nah, maka dari itu berikut beberapa penyebab, yaitu:

1. Ketegangan dan Lelah Otot

Ketika sedang duduk pada kondisi satu posisi menunduk dalam waktu yang cukup lama, pada dasarnya bisa membuat timbulnya rasa pusing di bagian belakang kepala.

Sehingga untuk mengatasinya bisa dengan melakukan peregangan otot dengan gerakan ringan serta merubah posisi duduk maupun posisi kepala yang terlalu lama menunduk.

Dengan begitu dapat mengurangi ketegangan otot pada tubuh terutama bagian leher dan belakang kepala yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sehingga penting untuk di praktekkan agar tidak terjadi rasa pusing di kepala.

2. Gangguan Tidur

Apabila mengalami gangguan tidur di malam hari tentu hal ini menjadi pemicu munculnya rasa pusing dibagian belakang kepala  di pagi hari atau bahkan sampai siang hari. Oleh karena itu pentingnya menjaga pola tidur yang sehat.

Misalnya: lama tidur 8 sampai 9 jam, untuk usia 12-18 tahun menjelang remaja. Untuk orang dewasa dari 7 sampai 8 jam setiap hari, guna menjaga stabilitas kondisi kesehatan agar tetap sehat menjalani aktivitas sehari-hari tanpa keluhan apapun di kepala.

3. Tingkat Stres yang Tinggi

Gejalah ini juga terjadi karena kondisi tingkat stres yang tidak stabil atau dalam artian tidak terkendalikan dengan baik, sehingga saraf-saraf dalam tubuh terutama bagian kepala menegang menjadi penyebab pusing yang efeknya bisa sementara maupun berkepanjang.

Perlunya olahraga pikiran dengan meditasi dan hal-hal yang dapat mengurangi stres, melakukan hobi yang sekiranya dapat membuat tubuh maupun pikiran rileks kembali.

Dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan agar terhindar dari rasa pusing dibagian belakang kepala, akibat stres yang terlalu tinggi.

4. Migrain

Dapat ditandai dengan timbulnya rasa pusing dibagian belakang kepala. Penyebabnya beragam, menurut Harvard Health Publishing karena adanya perubahan cuaca, gangguan tidur dan tingkat stres yang tinggi.

Hal ini menjadi pemicu migrain dengan begitu sekiranya dapat diatasi dengan istirahat cukup, menjaga pola makan, menghindari alkohol, dan melakukan aktivitas yang tidak berlebihan dan tentunya menyenangkan agar tingkat stres tetap terkontrol dengan baik.

5. Olahraga Berlebihan

Olahraga seharusnya menjadikan kondisi tubuh menjadi segar dan bugar ketika melakukannya bukan malah sebaliknya. Namun jangan salah ternyata juga dapat menjadi pemicu timbulnya pusing dibagian belakang kepala apabila melakukan olahraga secara berlebihan.

Pada dasarnya apapun yang berlebihan dapat menjadi fatal ketika tidak disesuaikan takaran. Oleh sebab itu lakukanlah olahraga 1 sampai 2 kali dalam sepekan dan sesuaikan dengan daya tahan tubuh, agar tidak merugikan diri sendiri.

Itulah tadi penyebab dari pusing di belakang kepala yang dapat dijadikan referensi. Adanya penjelasan mengenai pusing di bagian belakang kepala serta beberapa penyebabnya, diharapkan dapat  memberikan manfaat untuk mengatasi pusing kepala.

Namun apabila telah selesai melakukannya hal-hal yang dapat meminimalisir rasa pusing, tetapi belum ada perubahan di sarankan segera kunjungi pusat layanan kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top