Penyebab Keputihan Gatal dan Berbau yang Harus Diwaspadai

Keputihan adalah salah satu kondisi kesehatan yang lazim terjadi pada perempuan. Meskipun begitu, terdapat keputihan yang abnormal, yaitu yang gatal dan berbau. Berikut ini adalah berbagai penyebab keputihan gatal dan berbau yang harus diwaspadai:

1. Kencing Nanah atau Gonore

Kondisi kencing nanah merupakan salah satu dari beberapa penyakit menular seksual. Kondisi ini dapat menimpa laki-laki atau perempuan. Hal ini bisa diakibatkan karena aktivitas seksual yang kurang sehat.

Kencing nanah dapat menyebabkan keputihan pada perempuan. Jika mengalami hal ini, tanda yang utama adalah keputihan yang berbau. Selain itu, dapat juga terdapat flek atau bahkan pendarahan di luar siklus haid.

2. Penyakit Klamidia

Kondisi ini juga merupakan salah satu dari beberapa penyakit menular seksual. Infeksi ini dapat menyerang laki-laki dan juga perempuan. Klamidia yang parah dapat menyerang sistem reproduksi pada perempuan sehingga perlu berhati-hati.

Keputihan yang gatal dan berbau tidak sedap dapat disebabkan karena penyakit klamidia. Selain rasa gatal dan berbau, terkadang juga diiringi dengan sakit saat buang air kecil. Penanganan terkait hal ini tentunya perlu dilakukan ke dokter.

3. Vaginosis Bakterialis

Vaginosis bakterialis adalah infeksi yang terjadi pada area vagina. Hal ini merupakan salah satu penyebab keputihan gatal dan berbau pada perempuan. Salah satu indikasi lainnya adalah keputihan yang berwarna kelabu atau keruh.

Infeksi pada vagina bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah seringnya berganti pasangan saat berhubungan seksual. Hal ini sangat beresiko dan membuat rentan terhadap infeksi.

4. Trikomoniasis

Selain karena bakteri, keputihan yang tidak normal juga dapat disebabkan karena parasit. Nama parasit yang dimaksud adalah Trichomonas vaginalis. Parasit ini juga dapat berkembang jika sering berganti pasangan dalam berhubungan seksual.

Jenis parasit ini dapat membuat keputihan berbau dan gatal. Selain itu, bisa juga membuat perempuan merasakan nyeri saat buang air kecil. Kondisi ini tentunya membuat sangat tidak nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

5. Sariawan Pada Area Vagina

Tidak hanya pada area mulut, area vagina juga dapat mengalami sariawan. Penyebab dari sariawan ini dapat disebabkan karena infeksi jamur. Jenis jamur yang dapat membuat sariawan adalah Candida albicans.

Sariawan di vagina memiliki gejala yang cukup berbeda. Beberapa tandanya adalah dengan rasa gatal dan juga iritasi. Selain itu, dapat juga mengalami keputihan dengan tekstur seperti keju cottage.

6. Kondisi Bawaan Trimetilaminuria

Berbeda dengan penyebab keputihan lainnya, Trimetilaminuria merupakan kondisi bawaan. Hal ini membuat perempuan mengalami keputihan dengan bau tidak sedap. Kondisi ini tentunya membuat individu menjadi tidak nyaman.

Belum terdapat cara untuk dapat menanganinya. Akan tetapi, kondisi ini bisa dicegah dengan menghindari konsumsi terhadap sejumlah makanan. Beberapa diantaranya adalah makanan laut, jeroan, telur, susu sapi, dan juga kacang polong.

7. Alergi Terhadap Bahan Kimia

Salah satu penyebab keputihan yang tidak normal lainnya adalah alergi. Bahan kimia terdapat pada hampir seluruh barang yang digunakan individu. Beberapa contohnya adalah pada sabun yang digunakan untuk membersihkan diri.

Bahan kimia juga terdapat pada cairan pembersih vagina yang terkadang digunakan perempuan. Jika berlebihan, hal ini dapat memicu keputihan yang gatal dan berbau. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan sabun yang terpercaya.

Demikianlah berbagai penyebab keputihan gatal dan berbau. Berbagai penyebab ini perlu diwaspadai agar tidak mengalami keputihan yang tidak normal. Silakan cek ke dokter apabila mengalami berbagai gejala tersebut agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top