Inilah Penyebab Gusi Bengkak Pada Gigi Berlubang Serta Pencegahannya

Gusi bengkak pada gigi berlubang memberikan rasa nyeri yang tak tertahankan dan menjadi keluhan yang sering terjadi pada pengidapnya. Untuk mengobatinya perlu diketahui terlebih dahulu penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang guna menekan rasa sakit.

Selain memberikan efek nyeri gusi bengkak yang terletak tepat pada gigi berlubang bisa menyebabkan gusi menjadi iritasi. Dan jika terlalu lama dibiarkan bisa membuat gusi bernanah.  Untuk itu mari kita bahas penyebabnya.

Beberapa Penyebab Pembengkakan Gusi Pada Gigi Berlubang

Pemicu gigi menjadi berlubang yaitu karena adanya penumpukan plak dan pertumbuhan bakteri pada gigi. Hal ini biasanya dikarenakan area mulut yang kurang bersih dan terlalu banyak makanan manis yang masuk ke dalam mulut. Berikut penyebabnya:

1. Kebersihan Mulut yang Kurang Terjaga

Kebersihan pada mulut sangat penting agar tidak terjadinya masalah pada area mulut terutama gigi dan gusi. Sisa makanan yang terdapat pada permukaan gigi bisa mengakibatkan tumbuhnya plak dan membuat gigi menjadi berlubang.

Gigi yang berlubang dapat mengakibatkan peradangan dan pembusukan. Dalam hal ini menyikat gigi dengan benar dan bersih selalu dianjurkan agar sisa pada makanan tidak menempel pada permukaan gigi.

2. Radang Pada Gusi

Radang gusi adalah salah satu penyebab yang umum terjadi pada gigi berlubang yang mengakibatkan pembengkakan gusi.  Radang gusi atau yang disebut gingivitis ditandai biasanya ditandai dengan pembengkakan pada gusi atau pangkal gigi dan gusi memerah.

Ini bisa terjadi dikarenakan gigi yang berlubang atau terdapatnya sisa dari makanan pada permukaan gigi yang membentuk plak. Jika radang ini dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi dan dapat merusak gigi atau area sekitarnya.

3. Abses Pada Gigi

Abses pada gigi bisa terjadi disebabkan infeksi bakteri dan dapat timbul di sekitaran akar pada gigi dan gusi. Abses ini ditandai dengan benjolan pada gigi berlubang yang berisikan nanah yang terdapat pada gigi.

Gigi yang berlubang jika tidak ditindak dapat mengakibatkan infeksi karena bakteri yang menyebar pada gigi. Gejala yang timbul cukup serius seperti gusi  bengkak, rasa nyeri pada gigi dan gusi, bengkak pada rahang dan mengakibatkan demam.

Pencegahan yang Harus Dilakukan

Untuk menghindari penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang perlunya ada pencegahan. Terdapat beberapa cara pencegahan yang harus dilakukan, antara lain:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Gigi dan Gusi

Penyebab utama yang ada pada area gigi dan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga. Untuk itu menjaga kebersihan area mulut meliputi gigi dan gusi sangat diharuskan agar tidak terjadinya masalah pada gigi dan gusi.

Cara yang benar dalam menjaga kebersihan gigi dan gusi cukup sederhana, yaitu :

  • Mengurangi konsumsi makanan dan juga minuman yang banyak mengandung gula. Terutama pada malam hari pada saat akan tidur.
  • Sikat gigi dengan teratur dengan kurun waktu dua kali dalam sehari yaitu saat bangun pagi dan saat akan tidur.
  • Biasakan untuk selalu mengganti sikat gigi jika sudah digunakan lebih dari tiga bulan, agar tidak menimbulkan bakteri pada sikat gigi.

2. Rutin Cek Kesehatan Gigi Ke Dokter Gigi

Memeriksakan kesehatan gigi dan gusi diperlukan setiap 6-12 bulan dalam sekali ke dokter gigi yang ada di klinik atau puskesmas terdekat. Hal ini dianjurkan agar tidak timbul permasalahan pada gigi dan gusi.

Selain memeriksa kesehatan gigi, membersihkan gigi di dokter gigi sangat dianjurkan. Anjuran untuk membersihkan gigi pada dokter gigi hanya minimal dua kali dalam setahun.

Mengetahui penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang sangat diperlukan. Jika terdapat permasalahan dan gejala yang lebih berat segeralah cek ke dokter gigi untuk penangan yang tepat. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan area mulut dengan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top