Cara Mengobati Jerawat Yang Meradang Beserta Tips Pencegahannya!

Bagi seorang perempuan, jerawat ini menjadi suatu hal yang bisa membuatnya insecure. Apalagi jika kondisi jerawat yang dimilikinya ini telah meradang. Jangan khawatir, ada sejumlah cara mengobati jerawat yang meradang tersebut agar segera sembuh.

Setelah sembuh dari jerawat yang meradang ini, tentunya harus lebih hati-hati dari penyebab munculnya jerawat tersebut. Tips dalam mencegah timbulnya jerawat ini pun harus benar-benar diterapkan agar tidak timbul jerawat kembali.

Cara Mengobati Jerawat Yang Meradang

Ketika terjadi jerawat yang cukup meradang haruslah segera diobati. Karena ini bisa mengganggu tingkat kepercayaan diri orang yang bersangkutan. Untuk itu, perlu dilakukan pengobatan agar sedikit mengurangi jerawat yang meradang tersebut.

Dalam melakukan pengobatan jerawat ini bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan produk-produk yang tepat. Namun, jika memiliki biaya yang lebih sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kulit.

Adapun cara dan bahan yang sangat cocok untuk mengobati jerawat meradang ini, antara lain:

1. Menggunakan Retinoid

Kini sudah cukup beredar skincare yang mengandung retinoid ini. Hal ini dikarenakan senyawa dari retinoid ini terbukti mampu dalam mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti jerawat yang meradang ini. Selain itu, retinoid ini juga memiliki sifat sebagai anti radang.

Pengguna dari skincare atau obat-obatan yang mengandung retinoid ini telah membuktikan bahwa senyawa ini benar-benar ampuh dalam mengatasi permasalahan jerawat. Retinoid ini termasuk senyawa kimia yang memiliki sifat kuat. Untuk itu, penggunaannya pun haruslah tepat.

Banyak dari dokter aesthetica menyarankan penggunaan retinoid ini cukup dipakai 2-3 kali dalam seminggu. Namun, sebelum menggunakannya harus dipastikan bahwa skin barrier dalam kondisi yang baik.

Perlu dicatat bahwa retinoid ini sebaiknya digunakan di malam hari saja dengan keesokan paginya harus replay sunscreen. Tentu agar tidak menimbulkan permasalahan kulit lainnya.

2. Menggunakan Bakuchiol

Ekstrak dari daun dan biji tanaman babchi ini telah cukup lama digunakan sebagai campuran bahan-bahan di skincare masa kini. Hal ini disebabkan oleh ekstrak bakuchiol ini sangatlah ampuh dalam membunuh bakteri dari penyebab jerawat tersebut.

Tak hanya mampu mengatasi dan melawan jerawat saja, ekstrak bakuchiol ini juga mampu mengurangi garis-garis halus, mempercepat regenerasi sel kulit. Dari manfaat inilah yang membuat ekstrak bakuchiol ini sering dipakai dalam produksi skincare.

3. Menggunakan Antibiotik

Penggunaan antibiotic ini seringkali direkomendasikan oleh dokter kulit saat terjadi peradangan yang cukup parah. Hanya saja, dosis yang diberikan ini haruslah tepat agar tidak memperburuk kondisi dari peradangan tersebut.

Apabila khawatir menghabiskan biaya yang banyak untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit, pengguna bisa menggunakan platform dokter online yang terpercaya. Karena biaya konsultasi di dokter online ini jauh lebih terjangkau daripada dokter offline.

Tips Mencegah Jerawat Datang Kembali

Setelah peradangan jerawat mereda, sebaiknya lakukan pencegahan untuk mengurangi resiko timbulnya peradangan tersebut. Ada sejumlah tips yang bisa mencegah jerawat untuk datang kembali ini, antara lain:

1. Hindari Makan Pedas dan Berminyak

Makanan pedas dan berminyak ini sangatlah berpengaruh terhadap kondisi wajah kita. Terutama bagi pemilik kulit wajah yang sensitif dan mudah berjerawat. Agar jerawat tidak muncul dan meradang kembali, sebaiknya kurangi makan pedas dan berminyak.

2. Cuci Sarung Bantal dan Guling Secara Teratur

Kebersihan dari sarung bantal serta guling ini juga bisa mempengaruhi tingkat peradangan dari jerawat. Ketika hal tersebut tidak dalam kondisi bersih, tentu akan ada banyak kuman maupun bakteri yang mungkin akan menempel di kulit wajah dan bisa menyebabkan jerawat ini.

Itulah informasi mengenai cara mengobati jerawat yang meradang beserta dengan tips yang bisa dilakukan dalam mencegah jerawat muncul kembali. Untuk mempercepat penyembuhan, berusahalah untuk menghindari stress agar tidak membuat peradangan lebih parah kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top