6 Cara Menghilangkan Dehidrasi secara Alami dan Ampuh

Pernahkah mengalami rasa haus yang berlebihan? Atau merasa tubuh begitu kelelahan dan lemas? Bisa saja itu karena tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan. Disini akan dibahas bagaimana cara menghilangkan dehidrasi yang ampuh namun juga secara alami yang mudah untuk dipraktekkan.

Apa itu Dehidrasi?

Jadi Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kehilangan banyak cairan sedangan cairan yang dikonsumsi harus imbang. Sehingga mampu membuat tubuh mengalami dampak seperti kepala akan terasa pusing, badan akan mulai lemas dan lesu, serta yang lebih buruk dapat kehilangan kesadaran.

Setiap manusia selalu membuang kadar air dari tubuhnya melalui keringat, urine, dan juga kotoran sehingga selalu perlu ada cairan pengganti yang masuk ke dalam tubuh.

Apa saja Gejala Dehidrasi?

Pada umumnya dehidrasi biasanya berbeda setiap orang, namun kebanyakan orang akan merasa pusing, rasa haus berlebihan, serta mulut yang terasa kering. Berikut akan dijelaskan gejala dehidrasi ringan dan juga gejala dehidrasi berat:

1. Gejala Ringan

Pada gejala ringan biasanya orang dehidrasi biasanya maka mengalami beberapa kondisi yang pada umumnya terjadi pada orang-orang yang mengalami dehidrasi. Berikut beberapa contoh gejala dehidrasi ringan:

  • Lemas dan lelah.
  • Pusing dan sakit kepala.
  • Mulut terasa kering.
  • Rasa haus berlebihan.
  • Kulit kering.

2. Gejala Berat

Sedangkan pada gejala berat dehidrasi mengalami kondisi yang lebih parah daripada yang memiliki gejala ringan. Hal ini dikarenakan jika penangan dehidrasi ringan tidak segera dilakukan maka akan timbul gejala dehidrasi yang lebih berat. Berikut beberapa contoh gejala dehidrasi berat:

  • Tekanan darah rendah.
  • Urine berwarna gelap.
  • Demam.
  • Diare.
  • Detak jantung cepat.
  • Ritme nafas menjadi lebih cepat.

Cara Menghilangkan Dehidrasi secara Alami dan Ampuh

Dehidrasi memang berbahaya pada tubuh jika tidak langsung ditangani dengan benar. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan dehidrasi yang ampuh dan alami agar tubuh cepat terhidrasi kembali:

1. Air Putih

Meskipun terdengar sederhana namun air putih adalah solusi paling ampuh dalam mengatasi dehidrasi yang terbaik dan mudah untuk didapat. Air putih juga tidak memiliki kadar gula dan kalori tambahan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi setiap saat terutama saat tubuh kehilangan banyak cairan seperti saat olahraga.

2. Air Kelapa

Air kelapa dapat membantu menghilangkan dehidrasi pada tubuh karena air kelapa tidak memiliki kandungan kalori yang rendah serta gula yang berlebih sehingga aman untuk dikonsumsi saat rehidrasi. Selain itu air kelapa juga dapat menyembuhkan penyakit diare dan membantu mengatasi keracunan.

3.  Jus Buah serta Sayuran

Jadi jus buah serta sayuran membantu mengatasi dehidrasi pada tubuh karena banyaknya kandungan vitamin dan antioksidan yang mampu mengembalikan cairan pada tubuh. Untuk pemilihan buah akan lebih baik jika memilih buah yang kaya akan air seperti jeruk, apel, anggur, pir, nanas, dan masih banyak lagi.

4. Sup dan Kaldu

Sup dan kaldu memiliki kandungan air dan elektrolit yang tinggi sehingga sangat cocok untuk menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Apalagi kaldu dan sup biasanya terbuat dari tulang hewani yang mengandung kolagen yang dapat membantu mengatasi dehidrasi akibat kelelahan.

5. Infused Water

Infused water dapat menjadi pilihan untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh. Dengan menambahkan buah-buah yang segar pada air putih dapat menambahkan rasa pada minuman walaupun tidak menggunakan gula. Beberapa buah yang dapat ditambahkan pada infused water seperti lemon, mentimun, stroberi, dan masih banyak lagi.

6. Susu Skim dan Susu Rendah Lemak

Jadi Susu ini dipercaya juga ampuh dalam mengatasi dehidrasi pada tubuh. Selain itu dapat membantu tubuh terhidrasi kembali sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Karena kandungan nutrisinya dapat menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh.

Itulah 6 Cara Menghilangkan Dehidrasi secara Alami dan Ampuh untuk dapat dicoba saat mengalami dehidrasi. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top